Bimbel RBB BUMN Kota Kendari

Bimbel RBB BUMN Kota Kendari, Raih Karir di BUMN!

Persiapkan Dirimu, Raih Karir Impian di BUMN!

Bimbel RBB BUMN Kota Kendari – Penasaran ingin menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kota Kendari? Tertarik dengan gaji stabil dan peluang karier yang menjanjikan? Sebelum langsung mengirim lamaran, persiapan yang matang adalah kunci utama meraih kesuksesan dalam tes BUMN. Nah, pertanyaan yang sering muncul adalah berapa lama idealnya persiapan dilakukan untuk menghadapi tes tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk menemukan jawabannya!

Kenali Dirimu Sendiri: Langkah Awal Persiapan Tes BUMN

Sebelum menentukan durasi ideal untuk persiapan tes BUMN, ada baiknya kamu mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Background pendidikan: Apakah kamu merasa memiliki landasan keilmuan yang cukup kuat sesuai dengan bidang BUMN yang diminati? Jika belum, mungkin kamu perlu melakukan kursus singkat atau mengulang materi perkuliahan yang relevan.
  • Pengalaman kerja: Apakah kamu sudah memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu? Pengalaman kerja yang sesuai dapat menjadi nilai tambah dalam proses seleksi BUMN.
  • Kemampuan mengerjakan soal tes: Seberapa cepat kamu dalam mengerjakan soal-soal tes BUMN? Jika kamu belum pernah mencoba mengerjakan soal tes sebelumnya, ada baiknya untuk mencari contoh soal dan mencoba mengerjakannya untuk mengetahui kecepatan dan kemampuanmu.

Dengan mengenali kelebihan dan kekuranganmu, kamu dapat menetapkan strategi persiapan yang lebih tepat dan menentukan durasi yang ideal sesuai kebutuhanmu.

Jenis Tes BUMN dan Durasi Persiapan yang Disarankan

Umumnya, tes BUMN meliputi beberapa tahapan, yaitu tes tertulis, tes psikotes, dan wawancara. Masing-masing tahapan tes membutuhkan persiapan yang berbeda:

1. Tes Tertulis

Tes tertulis biasanya meliputi soal-soal Tes Wawasan Kemampuan Umum (TWKU), Tes Kemampuan Verbal (TKB), dan Tes Kemampuan bidang (TKB).

  • TWKU: Fokus pada pengetahuan umum, logika berpikir, dan kemampuan kuantitatif. Untuk persiapan TWKU, kamu bisa memulainya 3-6 bulan sebelum tes dengan cara belajar materi secara rutin dan berlatih mengerjakan contoh soal.
  • TKB: Fokus pada kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris. Jika kamu merasa kemampuan bahasamu perlu diasah lagi, persiapan bisa dimulai 6-12 bulan sebelum tes dengan mengikuti kursus bahasa Inggris atau banyak berlatih mengerjakan soal tes bahasa.
  • TKB Bidang: Fokus pada pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bidang BUMN yang diminati. Pelajari secara mendalam tentang bidang tersebut dan ikuti perkembangan terkini di industrinya. Durasi persiapan untuk TKB Bidang bisa lebih lama dari TWKU dan TKB umum, yaitu sekitar 6-12 bulan.

**

2. Tes Psikotes

Tes psikotes digunakan untuk mengukur kemampuan psikologis calon pegawai, seperti kemampuan berpikir logis, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan bekerja sama. Persiapan untuk tes psikotes tidak memiliki durasi yang pasti, karena tes ini lebih berfokus pada kemampuan individu yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat.

Namun, ada baiknya kamu mempelajari jenis-jenis soal psikotes dan mencoba mengerjakan contoh soal untuk membiasakan diri dengan format dan atmosfer tes. Kamu juga bisa mengikuti simulasi tes psikotes yang disediakan oleh beberapa lembaga atau mengikuti pelatihan khusus persiapan tes psikotes.

3. Wawancara

Wawancara merupakan tahapan akhir tes BUMN yang digunakan untuk mengetahui lebih dalam tentang diri calon pegawai, motivasi mereka untuk bergabung dengan BUMN, dan potensi mereka untuk berkembang di perusahaan.

Persiapan untuk wawancara dapat dilakukan dengan cara:

  • Mempelajari visi, misi, dan nilai-nilai BUMN yang diminati. Pastikan kamu memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan dan budaya kerja perusahaan yang akan kamu tempati.
  • Mempersiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam wawancara BUMN. Kamu bisa mencari contoh pertanyaan wawancara BUMN di internet atau berlatih wawancara dengan teman atau keluarga.
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi dan public speaking. Wawancara merupakan kesempatan kamu untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi dan menyakinkan pewawancara bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang diinginkan.

Tips Tambahan untuk Persiapan Tes BUMN

  • Konsisten dalam belajar dan berlatih. Kunci utama untuk sukses dalam tes BUMN adalah konsistensi dan keseriusan dalam belajar dan berlatih. Buatlah jadwal belajar yang teratur dan patuhi jadwal tersebut dengan disiplin.
  • Gunakan berbagai sumber belajar. Ada banyak sumber belajar yang bisa kamu manfaatkan untuk persiapan tes BUMN, seperti buku-buku persiapan tes, website belajar online, dan bimbingan belajar.
  • Jaga kesehatan jasmani dan rohani. Pastikan kamu cukup istirahat dan makan makanan yang bergizi sebelum tes BUMN. Kelola stres dengan baik agar kamu dapat berkonsentrasi dengan maksimal saat tes.

Kesimpulan

Idealnya persiapan untuk tes BUMN di Kota Kendari tidak memiliki durasi yang pasti. Hal ini tergantung pada beberapa faktor seperti background pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan mengerjakan soal tes, dan tingkat kesulitan tes itu sendiri. Namun, sebagai pedoman umum, kamu bisa memulai persiapan minimal 3 bulan sebelum tes dengan fokus pada pelajaran TWKU, TKB, dan TKB Bidang.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Contoh Soal BUMN beserta Pembahasannya:

Berikut adalah lima contoh soal BUMN yang mencakup Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes AKHLAK, dan Wawasan Kebangsaan, beserta pembahasannya:

  1. Contoh Soal TKD: Soal: Jika 3a – 2b = 7 dan 4a + 5b = 23, berapakah nilai a dan b? Pembahasan: Dengan menggunakan metode eliminasi, kita dapat menemukan bahwa a = 3 dan b = 1.
  2. Contoh Soal Tes AKHLAK: Soal: Seorang PNS mendapat tawaran suap untuk mempercepat proses pengurusan dokumen. Apa yang seharusnya dilakukan oleh PNS tersebut? Pembahasan: Seorang PNS seharusnya menolak tawaran suap tersebut dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang.
  3. Contoh Soal Wawasan Kebangsaan: Soal: Siapakah presiden pertama Republik Indonesia? Pembahasan: Presiden pertama Republik Indonesia adalah Ir. Soekarno.
  4. Contoh Soal TKD: Soal: Jika harga satu buah sepatu adalah Rp 250.000, berapakah harga 5 buah sepatu? Pembahasan: Harga 5 buah sepatu adalah 5 × Rp 250.000 = Rp 1.250.000.
  5. Contoh Soal Tes AKHLAK: Soal: Seorang PNS menemukan dompet yang tercecer di jalan. Apa yang seharusnya dilakukan oleh PNS tersebut? Pembahasan: Seorang PNS seharusnya menyerahkan dompet tersebut kepada pihak yang berwenang atau mencoba mencari identitas pemiliknya untuk mengembalikannya.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Berikut adalah jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024:

  • Maret – April 2024: Pendaftaran Online & Seleksi Administrasi
  • April 2024: Pengumuman Registrasi Online
  • April – Mei 2024: Tes Online Tahap 1 (TKD, AKHLAK, Wawasan Kebangsaan)
  • Mei 2024: Pengumuman Hasil Tes Online Tahap 1
  • Juni 2024: Tes Online Tahap 2 (Core Values BUMN) & FGD/Leaderless Group Discussion (LDG)
  • Juli 2024: Pengumuman Hasil Tes Online Tahap 2 & FGD/LDG
  • Agustus 2024: Tes TKB & MCU
  • September 2024: Pengumuman Hasil Akhir

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Dengan persiapan yang matang, memanfaatkan bimbel “jadibumn” sebagai mitra dalam persiapan, serta memahami dengan baik syarat dan jadwal pendaftaran BUMN 2024, Anda memiliki kesempatan besar untuk meraih kesuksesan dalam ujian BUMN. Jangan ragu untuk “Langsung Daftar” dan buktikan kemampuan Anda dalam menghadapi tes BUMN 2024!

Apa langkah pertama yang akan Anda ambil dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian BUMN 2024? Bagaimana Anda merencanakan strategi belajar Anda, dan apa harapan utama Anda dalam mengikuti seleksi BUMN?

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *