FAQ RBB BUMN - Bagaimana cara menghitung nilai konversi bahasa inggris?

FAQ RBB BUMN – Bagaimana cara menghitung nilai konversi bahasa inggris?

FAQ RBB BUMN – Bagaimana cara menghitung nilai konversi bahasa inggris?

Dalam proses rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tes kemampuan bahasa Inggris sering kali menjadi salah satu bagian penting yang harus dilewati oleh para pelamar. Mengingat pentingnya kemampuan bahasa Inggris dalam lingkungan kerja global saat ini, BUMN memberikan bobot tersendiri untuk skor ini dalam proses seleksi. Untuk memastikan transparansi dan kesetaraan dalam penilaian, digunakan sistem konversi nilai yang standar. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang cara menghitung nilai konversi bahasa Inggris dalam konteks rekrutmen BUMN, membantu calon pelamar memahami dan mempersiapkan diri lebih baik.

Pentingnya Bahasa Inggris di BUMN

Sebelum kita masuk ke dalam teknis perhitungan, mari kita pahami dulu mengapa bahasa Inggris menjadi sangat penting dalam seleksi BUMN. Di era globalisasi ini, banyak BUMN yang beroperasi tidak hanya di dalam negeri tetapi juga memiliki hubungan kerja dengan perusahaan dan pemerintahan asing. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris menjadi kunci untuk komunikasi dan operasi yang efektif. Dalam konteks ini, nilai bahasa Inggris tidak hanya mencerminkan kemampuan teknis berbahasa tetapi juga kemampuan pelamar dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan internasional.

Menghitung Nilai Konversi Bahasa Inggris

Untuk memberikan penilaian yang adil dan konsisten, RBB BUMN menggunakan formula standar untuk mengonversi nilai bahasa Inggris yang diperoleh pelamar dari tes ke dalam skala yang dapat dibandingkan secara universal di seluruh BUMN. Berikut adalah cara menghitung nilai konversi tersebut:

Konversi bahasa inggris = Nilai bahasa inggris / 675 x 100

Langkah-langkah Perhitungan:

  1. Mendapatkan Nilai Bahasa Inggris
    • Ini adalah skor yang Anda peroleh dari tes bahasa Inggris yang diselenggarakan atau diakui oleh panitia seleksi BUMN. Nilai ini umumnya berkisar antara 0 hingga 675, tergantung pada jenis tes yang digunakan.
  2. Menggunakan Formula Konversi
    • Untuk mengonversi skor Anda ke skala 100, bagilah nilai bahasa Inggris yang Anda peroleh dengan 675. Angka 675 ini merupakan nilai maksimal yang mungkin bisa dicapai dalam skala tes yang digunakan.
    • Hasil dari pembagian tersebut kemudian dikalikan dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase.

Contoh Perhitungan:

Misalkan Anda mendapatkan nilai 540 dalam tes bahasa Inggris Anda. Berdasarkan formula konversi:

  • Konversi bahasa Inggris = (540 / 675) x 100
  • Konversi bahasa Inggris = 0.8 x 100
  • Konversi bahasa Inggris = 80

Dalam contoh ini, nilai konversi bahasa Inggris Anda adalah 80 dari skala maksimum 100.

Mengapa Menggunakan Skala 675?

Skala 675 sering digunakan dalam tes bahasa Inggris standar internasional seperti TOEIC, yang mencakup berbagai kompetensi dari listening dan reading. Penggunaan skala ini dalam konversi membantu menstandarkan penilaian bahasa Inggris di antara pelamar dari berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman, memastikan bahwa semua pelamar dinilai dengan kriteria yang sama.

Tips Meningkatkan Nilai Bahasa Inggris Anda

Mendapatkan skor yang tinggi dalam bahasa Inggris bisa meningkatkan peluang Anda dalam seleksi BUMN. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Praktek Berkelanjutan
    • Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih bahasa Inggris, baik itu melalui aplikasi, kursus online, atau melalui kegiatan sehari-hari seperti menonton film dan membaca buku dalam bahasa Inggris.
  2. Mengikuti Kursus Persiapan Tes
    • Ikuti kursus persiapan yang fokus pada tes bahasa Inggris yang akan digunakan dalam seleksi BUMN, seperti TOEFL atau IELTS, tergantung pada ketentuan yang diberlakukan.
  3. Latihan Tes Lama
    • Kerjakan soal-soal tes dari tahun-tahun sebelumnya atau tes simulasi yang banyak tersedia online untuk membiasakan diri dengan format dan tipe soal yang mungkin akan muncul.

Kesimpulan

Memahami cara menghitung nilai konversi bahasa Inggris sangat penting bagi calon pelamar BUMN yang ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk tes seleksi. Dengan menggunakan formula yang telah ditetapkan, pelamar dapat mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka secara akurat dan membandingkannya dengan standar yang diterapkan oleh BUMN. Persiapan yang matang, baik dalam meningkatkan kemampuan bahasa maupun memahami proses seleksi, akan membantu Anda mencapai hasil terbaik dan memperbesar peluang untuk berkarir di BUMN.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *