Gatot Trihargo Deputi BUMN - Mengenal Peran Deputi BUMN!

Gatot Trihargo Deputi BUMN – Mengenal Peran Deputi BUMN!

BUMN: Siapa Sosok di Balik Keputusan Strategis? Mengenal Peran Deputi BUMN

Gatot Trihargo Deputi BUMN – Dunia Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak hanya tentang layanan publik dan kontribusi ekonomi. Di balik mesin raksasa ini, terdapat para penggerak strategis yang disebut Deputi BUMN. Ingin tahu lebih dalam tentang peran dan tanggung jawab mereka? Yuk, mari kita bedah peran Deputi BUMN secara mendalam!

Struktur Organisasi Kementerian BUMN

Kementerian BUMN memiliki struktur organisasi yang jelas untuk mengelola dan mengawasi berbagai BUMN di Indonesia. Salah satu bagian penting dalam struktur tersebut adalah Deputi BUMN. Namun, sebelum menyelami peran Deputi BUMN, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu struktur organisasi Kementerian BUMN secara keseluruhan.

Kementerian BUMN dibagi menjadi beberapa unit kerja utama, diantaranya:

  • Sekretariat Kementerian: Unit kerja ini bertugas memberikan dukungan administratif dan kesekretariatan kepada Menteri BUMN dan jajarannya.
  • Deputi: Terdapat beberapa deputi yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) spesifik dalam mengelola BUMN. Peran dan tanggung jawab Deputi BUMN akan dibahas lebih jelas di bagian selanjutnya.
  • Staf Ahli: Unit kerja ini bertugas memberikan pertimbangan dan nasihat kepada Menteri BUMN dalam bidang kebijakan dan strategi pengelolaan BUMN.
  • Inspektorat Umum: Unit kerja ini bertugas melakukan pengawasan internal terhadap pelaksanaan kebijakan dan tata kelola pada BUMN.
  • ** Biro lainnya:** Kementerian BUMN juga memiliki beberapa biro lain yang bertugas menangani bidang khusus seperti Humas, Hukum, dan Kerja Sama Luar Negeri.

Dengan adanya pembagian tugas yang jelas ini, Kementerian BUMN dapat menjalankan fungsinya dengan efektif dalam mengelola dan mengawasi berbagai BUMN di Indonesia.

Mengenal Peran dan Tanggung Jawab Deputi BUMN

Sekarang, mari kita fokus pada peran dan tanggung jawab Deputi BUMN. Saat ini, Kementerian BUMN memiliki beberapa Deputi yang masing-masing memiliki bidang tugas spesifik. Berikut ini beberapa contoh Deputi BUMN dan tanggung jawabnya:

1. Deputi Bidang Bidang Usaha BUMN, Riset dan Inovasi

Deputi ini bertugas mengelola dan mengembangkan usaha BUMN di berbagai sektor strategis, seperti energi, infrastruktur, dan perbankan. Selain itu, Deputi ini juga berperan dalam mendorong riset dan inovasi di kalangan BUMN agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan meningkatkan daya saing perseroan.

2. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi

Deputi ini bertugas mengelola sumber daya manusia (SDM) di kalangan BUMN. Ini termasuk perencanaan kebutuhan SDM, pengembangan kompetensi karyawan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan tata kelola SDM di BUMN. Selain itu, Deputi ini juga berperan dalam mengembangkan teknologi dan informasi di kalangan BUMN agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perseroan.

3. Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Strategis

Deputi ini bertugas mengelola keuangan dan menyusun strategi bisnis bagi BUMN. Ini termasuk penyusunan anggaran, pengawasan terhadap penggunaan keuangan, dan pengembangan strategi bisnis yang sesuai dengan visi dan misi BUMN. Deputi ini juga berperan dalam memastikan kesehatan keuangan BUMN dan meningkatkan nilai perusahaan.

4. Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan

Deputi ini bertugas memberikan pendampingan hukum kepada BUMN dalam melakukan kegiatan usahanya. Ini termasuk menyusun kontrak dan perjanjian, melakukan advokasi hukum, dan memberikan pendampingan dalam penyelesaian sengketa hukum. Deputi ini juga berperan dalam memastikan kepatuhan BUMN terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Deputi Bidang Kerjasama dan Penyelarasan Usaha

Deputi ini bertugas membangun kerjasama antara BUMN dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, dan luar negeri. Deputi ini juga berperan dalam menyelaraskan kegiatan usaha BUMN agar tidak terjadi tumpang tindih dan dapat meningkatkan sinergi antar perseroan.

Peran Penting Deputi BUMN dalam Mencapai Visi dan Misi Pemerintah

Deputi BUMN memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai visi dan misi pemerintah melalui pengelolaan BUMN yang efektif dan efisien. Dengan dedikasi dan kemampuan mereka, diharapkan BUMN dapat menjadi lokomotif perekonomian nasional dan memberikan kontribusi yang maksimal bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Dunia BUMN tak hanya tentang layanan publik dan kontribusi ekonomi. Di balik mesin raksasa ini, terdapat para penggerak strategis yang disebut Deputi BUMN.
Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang peran dan tanggung jawab mereka, kita dapat menghargai dedikasi dan kontribusi para Deputi BUMN dalam mencapai visi dan misi pemerintah melalui pengelolaan BUMN yang efektif dan efisien.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” šŸŒŸ

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

šŸ“‹ Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *