Loker BUMN Pertanian

Loker BUMN Pertanian – Temukan Tips Tersembunyi dari Kisah Inspiratif Budi yang Menginspirasi!

Loker BUMN Pertanian – Indonesia, sebuah negara kepulauan yang subur dengan kekayaan alam yang melimpah, menawarkan potensi yang besar di sektor pertanian. Tak heran jika sektor ini memegang peranan penting sebagai salah satu penopang utama perekonomian nasional. Untuk mendorong perkembangannya, pemerintah turut berperan aktif melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada pertanian.

Dalam artikel ini, kami akan menjadi panduan lengkap bagi Anda yang tertarik untuk berkontribusi dalam membangun negeri melalui peluang karier di BUMN Pertanian. Kami akan membahas topik-topik berikut ini:

Peranan Vital BUMN Pertanian di Indonesia Ragam BUMN yang Aktif di Sektor Pertanian Jenis Posisi Pekerjaan di BUMN Pertanian yang Tersedia Persyaratan Kualifikasi untuk Pekerjaan di BUMN Pertanian Tips dan Strategi dalam Mencari dan Melamar Pekerjaan di BUMN Pertanian Inspirasi dari Kisah Sukses: Membangun Karir di BUMN Pertanian Peranan Vital BUMN Pertanian di Indonesia

Peranan BUMN Pertanian

Memiliki peranan krusial dalam memastikan ketahanan pangan nasional. Mereka melaksanakan berbagai fungsi strategis, termasuk:

Menjamin ketersediaan pangan: BUMN Pertanian secara aktif menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pangan pokok melalui kegiatan budidaya, pengelolaan stok, dan distribusi hasil pertanian. Meningkatkan produktivitas pertanian: BUMN Pertanian berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian dengan menerapkan teknologi modern, menyediakan pupuk dan benih unggul, serta memberikan pembinaan kepada para petani. Menciptakan lapangan kerja: BUMN Pertanian menjadi penyedia lapangan kerja yang signifikan di berbagai bidang, mulai dari hulu hingga hilir pertanian. Mengurangi impor pangan: Dengan meningkatkan produksi dalam negeri, BUMN Pertanian diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada impor bahan pangan. Mendorong ekspor hasil pertanian: Beberapa BUMN Pertanian berperan aktif dalam pengembangan dan ekspor komoditas pertanian unggulan Indonesia. Ragam BUMN yang Aktif di Sektor Pertanian

Indonesia memiliki beberapa BUMN yang terlibat dalam sektor pertanian.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Perum BULOG: Berperan dalam menjaga stabilitas pangan nasional melalui pengelolaan cadangan pangan pemerintah, stabilisasi harga pangan, dan distribusi pangan ke masyarakat.
  • PT Perkebunan Nusantara (PTPN): BUMN yang fokus pada usaha perkebunan seperti kelapa sawit, karet, teh, dan tebu.
  • PT Pertani (Persero): Perusahaan yang menyediakan sarana produksi pertanian, seperti pupuk, benih, dan pestisida.
  • PT Pupuk Indonesia (Persero): BUMN yang memproduksi dan memasarkan pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani di seluruh Indonesia.
  • PT Sang Hyang Seri (Persero): Perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan pengelolaan irigasi serta budidaya tanaman pangan.
  • PT Perhutani (Persero): BUMN yang mengelola hutan produksi dan hutan lindung, serta bergerak di bidang kehutanan.

Selain BUMN tersebut, terdapat juga BUMN lain yang terlibat dalam bidang terkait pertanian, seperti PT RNI (Persero) yang bergerak di bidang agroindustri tebu dan gula, serta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mendukung pertanian melalui program elektrifikasi pedesaan.

Jenis Posisi Pekerjaan di BUMN Pertanian yang Tersedia

Peluang karier di BUMN Pertanian terbuka luas bagi lulusan dari berbagai jurusan. Berikut adalah beberapa jenis posisi pekerjaan di BUMN Pertanian:

  • Bidang Agronomi: Supervisor lapangan, pemulia tanaman, peneliti pertanian, penyuluh pertanian.
  • Bidang Agribisnis: Analis pemasaran hasil pertanian, perencana bisnis pertanian, pengelola ekspor hasil pertanian.
  • Bidang Peternakan: Dokter hewan, supervisor peternakan, analis nutrisi ternak. Bidang Kehutanan: Forest ranger, ahli konservasi hutan, analis tata ruang hutan.
  • Bidang Teknik Pertanian: Operator alat mesin pertanian, ahli irigasi, perancang sistem pasca panen.
  • Bidang Administrasi: Staf keuangan, staf administrasi personalia, sekretaris perusahaan.
  • Bidang Hukum: Staf legal, jaksa pengacara negara, konsultan hukum. Persyaratan Kualifikasi untuk Pekerjaan di BUMN Pertanian

Persyaratan untuk melamar pekerjaan di BUMN Pertanian dapat bervariasi tergantung pada jenis posisi dan BUMN yang bersangkutan. Namun, secara umum, persyaratan kualifikasi yang umumnya dibutuhkan adalah:

  • Pendidikan: Minimal D3 atau S1 di bidang yang relevan dengan posisi yang dilamar, seperti agronomi, agribisnis, peternakan, kehutanan, teknik pertanian, administrasi, hukum, dan lainnya.
  • Pengalaman: Beberapa posisi mungkin mensyaratkan pengalaman kerja di bidang terkait, terutama bagi pelamar yang tertarik dengan posisi senior.
  • Keterampilan: Kemampuan teknis sesuai dengan bidang yang dilamar, seperti penguasaan software, pengoperasian alat mesin pertanian, atau analisis data.
  • Kemampuan interpersonal: Kemampuan komunikasi yang baik, kerjasama tim, dan kepemimpinan.
  • Kemampuan bahasa: Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa daerah (diutamakan) merupakan nilai tambah.

Tips dan Strategi dalam Mencari dan Melamar Pekerjaan di BUMN Pertanian

Berikut adalah beberapa tips dan strategi untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan di BUMN Pertanian:

  • Pantau informasi: Selalu pantau informasi terbaru mengenai lowongan pekerjaan di BUMN Pertanian melalui situs web resmi BUMN terkait, portal rekrutmen resmi BUMN, atau media sosial perusahaan.
  • Persiapkan CV dan portofolio: Buatlah CV yang menarik dan sesuai dengan posisi yang Anda inginkan. Siapkan juga portofolio yang menunjukkan keterampilan dan prestasi Anda, jika ada.
  • Latih kemampuan tes: BUMN sering menggunakan tes online atau offline dalam proses seleksi. Latihlah kemampuan Anda dalam menjawab berbagai jenis tes yang mungkin dilakukan.
  • Ikuti pelatihan atau seminar: Ikuti pelatihan atau seminar yang relevan dengan bidang yang Anda minati. Ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda, serta memperluas jaringan profesional Anda.
  • Manfaatkan media sosial: Gunakan media sosial untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dan membangun jaringan dengan para profesional di bidang pertanian.
  • Tetap semangat: Proses melamar pekerjaan membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Jangan menyerah meskipun belum mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Teruslah berusaha dan tingkatkan kualitas diri Anda.
  • Inspirasi dari Kisah Sukses: Membangun Karir di BUMN Pertanian.

Berikut adalah contoh kisah inspiratif dari seorang karyawan BUMN Pertanian:

Budi, lulusan Agronomi dari Universitas Gadjah Mada, berhasil diterima bekerja di PT Pertani (Persero) setelah melewati proses seleksi yang ketat. Ia memulai karirnya sebagai penyelia lapangan, dan dengan dedikasi dan kerja keras, ia berhasil naik jabatan menjadi manager area. Sekarang, Budi bertanggung jawab atas pengembangan dan pengelolaan pertanian di beberapa wilayah di Indonesia. Kisah Budi menunjukkan bahwa dengan kerja keras, tekad, dan kompetensi yang mumpuni, siapa pun bisa meraih kesuksesan di BUMN Pertanian.

Penutup

Bekerja di BUMN Pertanian bukan sekadar mencari nafkah, tetapi juga berkontribusi dalam membangun bangsa. Jika Anda memiliki minat dan passion di bidang pertanian serta ingin berperan dalam pembangunan negara, jangan ragu untuk mencari peluang pekerjaan di BUMN Pertanian. Dengan kerja keras, dedikasi, dan kualifikasi yang tepat, Anda bisa meraih karier yang gemilang dan membanggakan di sektor ini.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *