Lowongan Kerja BUMN – PT Pegadaian (Persero)
Lowongan Kerja BUMN – PT Pegadaian (Persero), pemilik brand (merk) Pegadaian adalah perusahaan BUMN yang dibuka pertama kali di Sukabumi pada tanggal 1 April 1901. Sampai dengan Agustus 2020 PT Pegadaian telah mempunyai outlet sebanyak 4.100 yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk dan layanan Pegadaian juga dapat diakses di lebih 11.000 agen. Pegadaian juga telah mengembangkan layanan secara elektronik dengan aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh di Playstore atau App Store.
Selain jaringan pelayanan yang luas, keunggulan Pegadaian lainnya adalah kecepatan dalam pelayanan dengan menerapkan standar waktu layanan maksimal 15 menit serta keamanan optimal dengan sistem pengamanan fisik dan lokasi usaha (Sispamfilu). Untuk mengantisipasi berbagai risiko, Pegadaian juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi.
Produk-produk Pegadaian juga beraneka ragam. Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah. Sedangkan bisnis pendukungnya meliputi pembiayaan usaha mikro, cicilan dan tabungan emas, cicilan kendaraan bermotor, pembiayaan haji dan wisata syariah, serta beraneka jasa lain seperti pengiriman uang, multi pembayaran online, jasa taksiran, jasa titipan, sertifikasi batu permata, dan safe deposit box.
Dalam mengelola bisnis, Pegadaian selalu mengimplementasikan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) yang menjunjung tinggi nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan keadilan (fairness). Salah satunya dalam pengelolaan lelang. Setiap barang jatuh tempo yang dilelang melebihi kewajiban pembayaran, nasabah berhak memperoleh uang kelebihan dari penjualan tersebut.
Selain melalui produk dan layanan, Pegadaian juga aktif melaksanakan berbagai program kemitraan dan bina lingkungan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pegadaian bertema Pegadaian Bersih-bersih yang meliputi program Bersih Hati, Bersih Lingkungan, dan Bersih Administrasi. Salah satu program yang populer adalah program memilah sampah menabung emas bertajuk The Gade Clean and Gold. Dengan program ini masyarakat diajak meningkatkan kebersihan lingkungan sekaligus menabung emas.
1. Spesialis Aplikasi Bisnis Digital
Deskripsi Pekerjaan :
- Mengembangkan berbagai aplikasi mobile.
- Transformasi aplikasi monolith menjadi dengan arsitektur microservice.
- Menerima dan melakukan arahan dari Lead dalam melakukan pengembangan service Back-End dan atau aplikasi Front-End, dengan mengikuti pola desain dan arsitektur yang sudah ditentukan.
- Mengikuti standar development dalam penulisan source code dan atau query sql agar source code mudah dipahami dan dapat dikembangkan oleh developer lain.
- Meningkatkan kemampuan aplikasi dengan cara menganalisa dan mengubah service dan atau aplikasi web, mobile yang sudah ada menjadi lebih baik dalam hal performa, ketangguhan, dan keamanan.
- Memastikan service dan atau aplikasi tidak berubah dari aspek bisnis proses setelah dilakukan perubahan dan peningkatan.
- Melakukan perbaikan dan/atau penambahan fitur pada aplikasi yang sudah ada.
- Berkolaborasi dengan team dalam setiap proyek dengan pola kerja agile.
Kualifikasi Minimum :
- Pendidikan minimal S1 diutamakan dari Jurusan IT atau yang sederajat.
- Memiliki pengalaman bekerja pada bidang posisi yang sama minimal 4 tahun
- Memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi Front-End. (Web/Android/iOS/Hybrid Platform) dan/atau Back-End (Java/golang)
- Memiliki pengetahuan satu atau lebih bahasa pemrograman, database dan platform/framework pengembangan aplikasi mobile
- Memiliki pengalaman dalam pembangunan arsitektur aplikasi mobile yang terintegrasi (internal dan eksternal) seperti CI/CD, OCP, virtualization dan microservices
- Memiliki pengetahuan yang luas tentang perkembangan teknologi mobile application dan/atau Back-End application
2. Spesialis Aplikasi Bisnis
Deskripsi Pekerjaan :
- Membina, memeriksa dan mempelajari keperluan dokumen dari Business Analyst;
- Membuat desain arsitektur aplikasi dan spesifikasi aplikasi yang akan dikembangkan;
- Melakukan transformasi aplikasi dari system monolith ke arsitektur microservice sesuai standard arsitektur yang sudah ditentukan;
- Melakukan riset dan implementasi teknologi baru yang sesuai standard arsitektur yang sudah ditentukan
- Membuat program aplikasi (coding) sesuai requirement bisnis ;
- Melakukan uji coba (internal testing) program dan database verification;
- Membuat Software Development Document yang berisi dokumen pengembangan, fungsional teknis , data dictionary, dokumen tata cara implementasi, dan dokumen internal test;
- Mengikuti dan berperan aktif serta kolaborasi dalam aktivitas squad sesuai dengan fungsi dan tugasnya sebagai Tech Lead;
- Melakukan perbaikan sistem/aplikasi atau tunning system apabila terdapat kelemahan/permasalahan berdasarkan hasil temuan selama pengembangan dan bugs setelah implementasi project;
- Melakukan tinjauan konten dokumen teknis pengembangan eksternal dan memberikan feedback saran perbaikan
Kualifikasi Minimum :
- Pendidikan minimal S1 diutamakan dari Jurusan IT atau yang sederajat.
- Memiliki pengalaman bekerja pada bidang posisi yang sama minimal 4 tahun
- Mampu bekerja secara team dan bekerja dibawah tekanan maupun deadline target yang cepat
- Memiliki kemampuan untuk memahami logik proses transaksi dan produk secara end to end
- Aktif dan mempunyai kemampuan belajar dengan cepat
- Memiliki pengalaman dalam pengembangan sebagai Developer dan System Analyst Aplikasi Core pada Instansi Perbankan/Financing
- Menguasai lebih dari 1 bahasa pemrograman, DB dan Framework yang sesudai dengan Standar Aplikasi Pegadaian (Java, Golang, Vue JS, Postgress, Db2)
- Memiliki pengalaman dalam pembangunan arsitektur backend aplikasi yang terintegrasi (internal dan eksternal) seperti CI/CD, OCP, virtualization dan microservices
- Memiliki visibilitas dan kemampuan untuk melakukan troubleshoot & performance tuning sistem aplikasi
3. Spesialis IT Business Analyst
Deskripsi Pekerjaan :
- Mengarahkan dan memastikan bahwa tim memahami tugas dengan jelas.
- Membuat perencanaan proyek, yang meliputi penentuan tujuan, tim yang diperlukan, menetapkan timeline, dan mengalokasikan anggaran.
- Mengidentifikasi dan mengkoordinasikan untuk kebutuhan terkait infrastruktur, database, services, network, security aplikasi, serta security network.
- Memantau dan mengevaluasi kinerja tim secara teratur untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai jadwal, serta dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul selama proyek.
- Melakukan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan baik internal dan eksternal, termasuk, user bisnis, dan tim internal TI.
- Mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada pada tim baik berupa hambatan teknis, komunikasi dan lainnya.
- Berkolaborasi dengan team dalam setiap project dengan pola kerja agile/waterfall.
- Bertindak sebagai mediator dalam interaksi antara developer dan stakeholder lainnya termasuk produk owner dan user bisnis.
- Analisis data dan proses bisnis untuk mengidentifikasi masalah dan perbaikan secara berkelanjutan serta improvisasi bila diperlukan dalam retrospektif sprint.
- Menyusun dan membuat laporan proyek dan hasil analisis bisnis yang bersifat komprehensif serta dokumen penting lainnya yang diperlukan selama proyek berjalan.
Kualifikasi Minimum :
- Pendidikan minimal S1 diutamakan dari Jurusan IT atau yang sederajat.
- Memiliki pengalaman bekerja pada bidang posisi yang sama minimal 4 tahun.
- Memiliki keterampilan dalam analysis, leadership, business process and planning, system architecture serta technical knowledge
- Menguasai project management dan tools project management (Jira, Trello) dan keahlian membuat report atau laporan project
- Memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai bahasa pemrograman (Java, GO, Flutter, dll), sistem operasi (Windows, Linux), aplikasi dan perangkat database, serta perangkat keras/Hardware dan kemampuan design mockup sistem aplikasi yang ada di Pegadaian
- Memiliki pengetahuan yang luas tentang perkembangan teknologi aplikasi yang ada
- Memiliki kemampuan managerial dan kemampuan koordinasi yang baik kepada pihak internal dan eksternal serta kemampuan untuk memahami dan menganalisis masalah dan menemukan solusi
- Memiliki kemampuan identifikasi, analisa permasalahan dan problem solver
Disclaimer :
- Lowongan pekerjaan ini hanya diperuntukan bagi pelamar yang memenuhi kualifikasi sebagaimana dipersyaratkan, bagi pelamar yang tidak lulus kualifikasi maka tidak akan diproses lebih lanjut.
- Pegadaian tidak memungut biaya untuk proses seleksi posisi ini.
- Pegadaian hanya menggunakan akun email @kalibrr.com atau akun email resmi @pegadaian.co.id untuk komunikasi kepada kandidat yang telah mengirimkan lamaran.
- Channel resmi Publikasi Iklan Pegadaian silakan dicek di
Website corporate : www.pegadaian.co.id (menu karir),
Akun Instagram : IG @pegadaian_id
Akun linkedin : PT Pegadaian.
CARA PENDAFTARAN :
Daftar Lowongan Kerja ini di : https://www.pegadaian.co.id/karir
Periode Pendaftaran : 08 – 11 Februari 2024
Sumber Lowongan ini Instagram by @pegadaian_id
Atau bisa klik link berikut ini : Klik Disini
Yuk Join Grup Pejuang BUMN 2024 Sekarang Juga!
Link Join ada Disini “Klik Disini Join Grup”