Apa Saja Kerja BUMN – Mau Kerja di BUMN? Inilah Posisi yang Paling Dicari!

Apa Saja Kerja BUMN - Mau Kerja di BUMN? Inilah Posisi yang Paling Dicari!

Apa Saja Kerja BUMN – Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi dambaan banyak orang. Dipandang sebagai pekerjaan stabil dengan prospek cerah, BUMN menawarkan berbagai peluang menarik bagi para pencari kerja.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang ragam posisi yang tersedia di BUMN, membuka pintu bagi mereka yang ingin meniti karir di perusahaan plat merah ini.

Posisi yang Beragam: Menemukan Bidik Karir yang Tepat

BUMN menaungi berbagai sektor vital dalam perekonomian Indonesia, mulai dari perbankan, telekomunikasi, energi, hingga konstruksi. Hal ini tercermin dalam keragaman posisi yang ditawarkan, memungkinkan Anda untuk menemukan bidik karir yang sesuai dengan minat dan keahlian.

Beberapa contoh posisi yang tersedia di BUMN antara lain:

  • Teknologi Informasi: Spesialis IT, Network Engineer, Software Developer, Data Analyst, dan sebagainya.
  • Keuangan: Akuntan, Auditor, Analis Keuangan, Investment Banker, dan sebagainya.
  • Hukum: Legal Counsel, Corporate Lawyer, Compliance Officer, dan sebagainya.
  • Teknik: Insinyur Sipil, Insinyur Elektro, Insinyur Mekanik, Arsitek, dan sebagainya.
  • Manajemen: Business Analyst, Project Manager, Marketing Specialist, Human Resources Specialist, dan sebagainya.

Selain itu, BUMN juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berkecimpung di bidang operasi, seperti pilot, masinis kereta, dan teknisi perawatan.

Kesempatan untuk Semua Jurusan: BUMN Membuka Pintu Luas

Berbeda dengan anggapan yang beredar, BUMN tidak hanya mencari talenta dari jurusan tertentu. Kesempatan untuk berkarya di BUMN terbuka lebar bagi lulusan dari berbagai disiplin ilmu.

Kemampuan dan keahlian Anda, serta kesesuaian dengan kualifikasi yang dibutuhkan, menjadi kunci utama untuk meraih peluang karir di BUMN.

Jumlah Lowongan yang Banyak: Rekrutmen Besar dan Terus Bertumbuh

Kebutuhan akan tenaga kerja profesional di BUMN terus meningkat seiring dengan perkembangan dan ekspansi bisnis. Hal ini tercermin dalam jumlah lowongan yang besar yang ditawarkan BUMN setiap tahunnya.

Sebagai contoh, pada tahun 2022, Kementerian BUMN membuka rekrutmen bersama untuk lebih dari 17.000 posisi di berbagai BUMN.

Angka ini menunjukkan komitmen BUMN dalam menyerap tenaga kerja muda dan membangun talenta-talenta terbaik untuk memajukan bangsa.

Kualifikasi dan Syarat: Persiapan Matang untuk Kesuksesan

Meskipun BUMN membuka peluang bagi berbagai jurusan, penting untuk memahami kualifikasi dan syarat yang dibutuhkan untuk setiap posisi.

Umumnya, BUMN mensyaratkan pelamar memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1, IPK minimal 3.00, dan pengalaman kerja yang relevan (untuk beberapa posisi).

Selain itu, BUMN juga menilai kemampuan bahasa asing, soft skills, dan potensi kepemimpinan para pelamar.

Jurusan yang Paling Dicari: Membidik Peluang dengan Tepat

Berdasarkan data rekrutmen BUMN di tahun-tahun sebelumnya, beberapa jurusan yang tergolong paling dicari antara lain:

  • Teknik Informatika: Keahlian di bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam era digitalisasi ini.
  • Teknik Industri: BUMN di bidang manufaktur dan konstruksi membutuhkan banyak tenaga ahli teknik industri.
  • Ekonomi dan Bisnis: Lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk berbagai posisi di bidang keuangan, akuntansi, dan manajemen.
  • Hukum: Keahlian hukum dibutuhkan untuk menangani berbagai aspek legalitas bisnis BUMN.
  • Per komunikasi: Kemampuan komunikasi yang baik dan penguasaan media menjadi nilai tambah bagi pelamar dari jurusan ini.

Perlu diingat bahwa daftar ini hanya gambaran umum dan tidak selalu sama di setiap BUMN. Sebaiknya pelamar selalu mengecek informasi terbaru mengenai kualifikasi dan syarat untuk setiap posisi yang diminati.

Strategi Jitu Melalui Rekrutmen Bersama

Kementerian BUMN seringkali menyelenggarakan rekrutmen bersama untuk berbagai BUMN. Ini menjadi kesempatan emas bagi para pencari kerja untuk melamar ke beberapa BUMN sekaligus.

Berikut tips agar sukses dalam rekrutmen bersama BUMN:

  • Selektif dalam Memilih BUMN: Jangan hanya karena iming-iming banyak BUMN yang dibuka, Anda melamar ke semua posisi yang tersedia. Pilihlah BUMN dan posisi yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.
  • Sesuaikan CV dan Surat Lamaran: Buatlah CV dan surat lamaran yang spesifik untuk setiap BUMN yang Anda lamar. Sesuaikan pencapaian dan pengalaman kerja Anda dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing BUMN.
  • Manajemen Waktu yang Efektif: Rekrutmen bersama BUMN biasanya memiliki jadwal yang padat. Aturlah waktu Anda dengan baik agar Anda bisa mengikuti semua tahapan tes dan wawancara untuk BUMN yang Anda pilih.

Berkarir di BUMN: Menuju Masa Depan yang Stabil dan Menjanjikan

Bekerja di BUMN tak hanya menawarkan stabilitas kerja, tetapi juga kesempatan pengembangan karir yang baik. BUMN umumnya menyediakan program pelatihan dan pengembangan untuk para karyawannya.

Selain itu, BUMN juga menawarkan jenjang karir yang jelas dengan potensi penghasilan yang menarik. Gaji dan tunjangan yang diberikan BUMN biasanya kompetitif dan mengikuti standar industri.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *