Apakah Kantor Pos termasuk BUMN - Yuk Kenali Lebih Jauh!

Apakah Kantor Pos termasuk BUMN – Yuk Kenali Lebih Jauh!

Yuk Kenali Lebih Jauh: Kantor Pos BUMN atau Swasta?

Apakah Kantor Pos termasuk BUMN – Pernahkah Anda memerlukan jasa pengiriman surat atau paket penting? Kantor Pos pasti menjadi salah satu pilihan utama. Namun, apakah Anda pernah berpikir tentang status Kantor Pos itu sendiri? Apakah Kantor Pos merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau sebuah perusahaan swasta? Yuk, mari kita telusuri secara gamblang sejarah dan status Kantor Pos di Indonesia!

Perjalanan Panjang Kantor Pos: Dari Kolonialisme Menuju Era Modern

Kantor Pos di Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan berliku. Sejarahnya dapat ditelusuri kembali ke masa penjajahan Belanda pada tahun 1627 dengan dibentuknya de Posmeester Generaal Nederlandsch-Indië. Setelah kemerdekaan Indonesia, jasa pos tetap diperlukan untuk menjalin komunikasi antar daerah dan menjalankan roda pemerintahan. Pada tahun 1961, pemerintah Indonesia mengubah Djawatan PTT (Pos, Telepon, dan Telegraf) menjadi perusahaan negara (PN) dengan nama PN Pos & Telekomunikasi (Postel).

Transformasi Menuju BUMN: PT Pos Indonesia (Persero)

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan industri telekomunikasi yang semakin kompleks, pada tahun 1991 sektor telekomunikasi dipisahkan dari Postel. Hal ini menandai lahirnya PT Telkom sebagai BUMN yang khusus berfokus pada jasa telekomunikasi. Sementara itu, sektor pos tetap berada di bawah naungan pemerintah dengan nama Perum Pos dan Giro (P&G).

Akhirnya, pada tahun 2012, melalui Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyediaan Jasa Pos, P&G diubah bentuk menjadi perusahaan perseroan terbatas (PT) dengan nama PT Pos Indonesia (Persero). Perubahan bentuk ini menjadikan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi yang berfokus pada penyediaan jasa pos di Indonesia. Informasi lebih lengkapnya bisa cek di website resmi PT Pos Indonesia : https://www.posindonesia.co.id/id

Ciri-Ciri BUMN: Keterkaitan PT Pos Indonesia (Persero) dengan Pemerintah

PT Pos Indonesia (Persero) memiliki beberapa ciri yang mencirikan sebuah BUMN. Beberapa contoh ciri tersebut adalah:

  • Kepemilikan oleh Negara: Semua saham PT Pos Indonesia (Persero) dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Hal ini berarti pemerintah memiliki kewenangan dalam menunjuk dewan komisaris dan mengawasi operasional perusahaan.
  • Penugasan khusus: Selain menjalankan bisnis secara komersial, PT Pos Indonesia (Persero) juga dapat diberi penugasan khusus oleh pemerintah. Contoh penugasan khusus ini bisa berupa pendistribusian bantuan sosial atau penyelenggaraan layanan pos di daerah tertinggal.
  • Tanggung jawab sosial: Sebagai BUMN, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui penyediaan layanan pos yang terjangkau dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil. Selain itu, PT Pos Indonesia (Persero) juga aktif dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan UMKM dan layanan edukasi keuangan.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *