Beneficial Ownership BUMN

Beneficial Ownership BUMN – Bisakah Anda Menemukan Pemilik Saham BUMN?

Beneficial Ownership BUMN – Beneficial ownership, apa itu sebenarnya? Konsep yang mungkin terdengar rumit ini sebenarnya cukup sederhana. Ini berkaitan dengan siapa yang sebenarnya memiliki, mengendalikan, atau mendapatkan manfaat dari suatu BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Namun, seringkali kepemilikan ini disembunyikan di balik berbagai struktur perusahaan yang kompleks. Mengapa hal ini penting? Karena ini berkaitan erat dengan upaya mencegah pencucian uang, pendanaan terorisme, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara.

Penerapan Beneficial Ownership BUMN

Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2018 menjadi landasan bagi penerapan konsep beneficial ownership BUMN. Dalam peraturan ini diatur tentang keharusan BUMN untuk mengidentifikasi, mencatat, dan melaporkan pemilik manfaat mereka kepada otoritas yang berwenang. Otoritas ini termasuk Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan).

Kriteria Beneficial Ownership BUMN

Menurut Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2018, ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan siapa yang dianggap sebagai pemilik manfaat dari suatu BUMN. Pertama, orang perseorangan yang memiliki saham atau hak suara paling sedikit 25% dari total saham atau hak suara yang dikeluarkan oleh BUMN. Kedua, orang perseorangan yang memiliki pengaruh atau kendali secara langsung atau tidak langsung terhadap BUMN. Ketiga, orang perseorangan yang memiliki hak atas manfaat atau keuntungan dari BUMN, baik secara langsung atau tidak langsung, melalui perjanjian atau peraturan lainnya. Dan terakhir, orang perseorangan yang ditunjuk sebagai penerima manfaat akhir dari BUMN.

Mengapa Hal Ini Penting?

Pentingnya konsep beneficial ownership BUMN tidak dapat diabaikan. Dengan mengetahui siapa sebenarnya pemilik manfaat dari suatu BUMN, maka dapat meminimalisir risiko terjadinya tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme. Selain itu, dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan institusi BUMN.

Tantangan dan Kendala

Meskipun konsep beneficial ownership BUMN memiliki banyak manfaat, namun implementasinya tidaklah mudah. Salah satu tantangan utamanya adalah kompleksitas struktur perusahaan yang seringkali digunakan untuk menyembunyikan kepemilikan sebenarnya. Selain itu, kekurangan sumber daya manusia dan teknologi yang memadai juga dapat menjadi kendala dalam proses identifikasi dan pelaporan pemilik manfaat BUMN.

Tindak Lanjut dan Perbaikan

Untuk mengatasi tantangan dan kendala tersebut, diperlukan kerjasama yang erat antara berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah, BUMN, dan lembaga pengawas. Pemerintah juga perlu meningkatkan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia dan teknologi guna memperkuat kapasitas dalam menerapkan konsep beneficial ownership BUMN secara efektif.

Kesimpulan

Dalam era globalisasi dan kompleksitas bisnis yang semakin meningkat, konsep beneficial ownership BUMN menjadi semakin penting dalam menjaga integritas dan keamanan bisnis negara. Dengan menerapkan konsep ini secara efektif, bukan hanya dapat mencegah tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme, tetapi juga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara. Oleh karena itu, langkah-langkah untuk memperkuat implementasi dan pengawasan terhadap konsep beneficial ownership BUMN perlu terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan ini.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *