Berapa Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN - Penantian Berakhir! Berapa Jumlah Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN?

Berapa Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN – Penantian Berakhir! Berapa Jumlah Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN?

Berapa Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN - Penantian Berakhir! Berapa Jumlah Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN?

Berapa Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN – Indonesia memiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Tidak mengherankan bahwa banyak lulusan dan pencari kerja bercita-cita untuk bekerja di BUMN. BUMN menawarkan stabilitas karir, kesejahteraan yang baik, dan kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional. Pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa perusahaan yang bisa dilamar di BUMN?

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang peluang bekerja di BUMN, jumlah perusahaan yang dapat dilamar, proses seleksi, hingga tips dan trik agar sukses dalam melamar pekerjaan di BUMN. Mari kita mulai dengan memahami apa itu BUMN dan mengapa BUMN menjadi pilihan favorit para pencari kerja.

Apa Itu BUMN?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, menyediakan barang dan jasa yang berkualitas, serta meningkatkan kesejahteraan umum.

BUMN dikelompokkan menjadi beberapa kategori, antara lain:

  1. BUMN Industri dan Infrastruktur: Seperti PT Pertamina, PT PLN, PT Telkom Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, dan lain-lain.
  2. BUMN Jasa Keuangan: Seperti PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Asuransi Jiwasraya, dan lain-lain.
  3. BUMN Konstruksi dan Properti: Seperti PT Wijaya Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Adhi Karya, dan lain-lain.
  4. BUMN Sektor Pertanian dan Perkebunan: Seperti PT Perkebunan Nusantara, PT Rajawali Nusantara Indonesia, dan lain-lain.
  5. BUMN Sektor Logistik dan Transportasi: Seperti PT Garuda Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia, PT Angkasa Pura, dan lain-lain.
Berapa Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN - Penantian Berakhir! Berapa Jumlah Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN?

Berapa Jumlah Perusahaan yang Bisa Dilamar di BUMN?

Setiap tahunnya, Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi ribuan pencari kerja untuk bergabung di berbagai perusahaan yang bernaung di bawahnya. Namun, jumlah perusahaan yang bisa dilamar dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Portal Rekrutmen Bersama BUMN

Untuk mempermudah proses rekrutmen, Kementerian BUMN telah meluncurkan portal rekrutmen bersama, yakni Rekrutmen Bersama BUMN. Melalui portal ini, pelamar dapat melamar ke berbagai perusahaan BUMN hanya dengan satu kali pendaftaran. Ini tentunya sangat memudahkan karena pelamar tidak perlu mengirimkan lamaran secara terpisah ke setiap perusahaan.

Portal Rekrutmen Bersama BUMN memungkinkan pelamar untuk melamar ke lebih dari satu perusahaan dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Pada umumnya, pelamar dapat melamar hingga tiga perusahaan sekaligus, namun hal ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan terkini dari Kementerian BUMN dan perusahaan yang bersangkutan.

Tahapan Seleksi di BUMN

Seleksi untuk bergabung dengan BUMN tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar, antara lain:

  1. Seleksi Administrasi: Pada tahap ini, dokumen dan persyaratan administrasi pelamar akan diperiksa. Pastikan semua dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, dan surat lamaran sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang ada.
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD): TKD biasanya mencakup tes kemampuan verbal, numerik, dan logika. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar pelamar yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  3. Tes Kompetensi Bidang (TKB): TKB berfokus pada kemampuan teknis dan pengetahuan spesifik sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya, untuk posisi di bidang keuangan, tes akan mencakup soal-soal terkait akuntansi dan keuangan.
  4. Wawancara: Wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang kepribadian, motivasi, dan kemampuan komunikasi pelamar. Wawancara bisa dilakukan oleh HRD dan user dari perusahaan yang bersangkutan.
  5. Tes Psikologi dan Kesehatan: Tes psikologi bertujuan untuk mengetahui aspek psikologis pelamar, sementara tes kesehatan memastikan bahwa pelamar dalam kondisi fisik yang baik.
  6. Onboarding: Tahap terakhir adalah onboarding, di mana pelamar yang lolos seleksi akan diperkenalkan dengan lingkungan kerja dan budaya perusahaan sebelum resmi bekerja.

Tips Sukses Melamar di BUMN

Agar sukses dalam melamar di BUMN, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Persiapkan Dokumen dengan Lengkap: Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Jangan lupa untuk selalu mengecek ulang sebelum mengirimkan lamaran.
  2. Pelajari Profil Perusahaan: Setiap perusahaan BUMN memiliki karakteristik dan budaya yang berbeda. Pelajari profil perusahaan yang Anda lamar untuk menunjukkan keseriusan dan ketertarikan Anda.
  3. Latihan Soal Tes Kemampuan Dasar: Banyak contoh soal TKD yang bisa Anda pelajari dan latihan. Latihan secara rutin akan membantu Anda lebih siap saat menghadapi tes.
  4. Asah Kemampuan Teknis: Untuk TKB, pastikan Anda menguasai kemampuan teknis yang relevan dengan posisi yang dilamar. Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan tambahan jika diperlukan.
  5. Persiapkan Diri untuk Wawancara: Wawancara adalah kesempatan untuk menunjukkan diri Anda secara langsung. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum serta pertanyaan spesifik terkait posisi yang dilamar.
  6. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental: Seleksi BUMN bisa cukup panjang dan melelahkan. Pastikan Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik selama proses seleksi.

Mengapa Memilih BUMN?

Ada banyak alasan mengapa banyak orang tertarik untuk bekerja di BUMN. Berikut beberapa di antaranya:

Stabilitas Karir

BUMN dikenal menawarkan stabilitas karir yang baik. Dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu, BUMN cenderung lebih stabil dibandingkan perusahaan swasta. Ini karena BUMN mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.

Kesejahteraan dan Tunjangan

BUMN umumnya menawarkan paket kesejahteraan yang menarik, termasuk gaji yang kompetitif, tunjangan kesehatan, tunjangan pensiun, dan berbagai benefit lainnya. Hal ini menjadikan BUMN sebagai tempat kerja yang diidamkan banyak orang.

Kesempatan Berkembang

BUMN menyediakan berbagai kesempatan pengembangan karir dan peningkatan kemampuan. Mulai dari pelatihan, seminar, hingga kesempatan belajar di luar negeri. Ini memungkinkan karyawan untuk terus berkembang dan meningkatkan kompetensi mereka.

Kontribusi untuk Negara

Bekerja di BUMN berarti Anda memiliki kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan negara. Anda bisa turut serta dalam berbagai proyek besar yang memiliki dampak signifikan bagi masyarakat luas.

Bimbingan Belajar untuk Menghadapi Seleksi BUMN

Menghadapi seleksi BUMN memang tidak mudah, namun Anda tidak perlu khawatir. Banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang menawarkan program khusus untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi seleksi BUMN. Bimbel ini biasanya menyediakan materi dan latihan soal untuk TKD dan TKB, serta simulasi wawancara dan tes psikologi.

Dengan mengikuti bimbel, Anda akan mendapatkan bimbingan dari para tutor yang berpengalaman dan mengetahui seluk-beluk seleksi BUMN. Mereka akan membantu Anda memahami materi dengan lebih baik dan memberikan tips dan trik untuk menghadapi setiap tahapan seleksi.

Ayo Bergabung dengan Bimbel Kami!

Jika Anda serius ingin sukses dalam seleksi BUMN, jangan ragu untuk bergabung dengan bimbel kami di jadibumn.id!. Kami menyediakan program bimbingan yang komprehensif, mulai dari materi pelajaran, latihan soal, hingga simulasi tes dan wawancara. Dengan bimbel kami, Anda akan lebih siap dan percaya diri menghadapi setiap tahapan seleksi.

Baca Artikel Lainnya

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di website kami yang membahas berbagai topik menarik seputar karir, pendidikan, dan pengembangan diri. Tetap semangat dan semoga sukses dalam meraih karir impian Anda di BUMN!

Tidak Bisa Registrasi BUMN – Ketahui Penyebab dan Solusinya!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *