Berikut yang Termasuk Jenis Perusahaan BUMN Antara Lain

Berikut yang Termasuk Jenis Perusahaan BUMN Antara Lain – Inilah Transformasi Terbaru BUMN yang Akan Mengubah Wajah Ekonomi Indonesia!

Berikut yang Termasuk Jenis Perusahaan BUMN Antara Lain – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memegang peranan sentral dalam dinamika ekonomi Indonesia, mengurusi sejumlah sektor krusial serta memberi sumbangan yang signifikan pada perjalanan pembangunan nasional. Memahami ragam BUMN yang terkini menjadi amat penting guna melacak ruang lingkupnya dan dampaknya dalam kehidupan masyarakat.

Klasifikasi Esensial BUMN

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 mengenai BUMN, terdapat dua klasifikasi pokok BUMN:

  1. Perusahaan Perseroan (Persero): BUMN berbentuk badan usaha terbatas yang sahamnya terbagi, dengan setidaknya 51% saham dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia. Persero hadir untuk mencapai laba serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Di antara contoh nyatanya adalah PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  2. Perusahaan Umum (Perum): BUMN yang kepemilikannya seluruhnya berada di tangan Pemerintah Republik Indonesia. Perum berdiri untuk memberikan layanan publik serta meraih laba, namun bukan menjadi tujuan utama. Sebagai contoh, terdapat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero).

Klasifikasi Jenis BUMN Berdasarkan Bidang Usaha

Tak hanya dibagi berdasarkan klasifikasi pokok, BUMN juga dikelompokkan menurut sektor usahanya. Menurut Peraturan Menteri BUMN Nomor 16 Tahun 2021, ada 12 kelompok usaha BUMN:

  1. Kelompok Energi, Minyak, dan Gas
  2. Kelompok Industri Manufaktur
  3. Kelompok Industri Agro, Maritim, dan Ketahanan Pangan
  4. Kelompok Industri Infrastruktur, Logistik, dan Perumahan
  5. Kelompok Industri Keuangan
  6. Kelompok Industri Kesehatan
  7. Kelompok Industri Media dan Pariwisata
  8. Kelompok Industri Pertahanan
  9. Kelompok Jasa Penunjang BUMN
  10. Kelompok Jasa Pendidikan dan Penelitian
  11. Kelompok Jasa Lainnya
  12. Kelompok Ventura

Tren Terkini BUMN

Dalam beberapa tahun terakhir, BUMN telah melalui sejumlah transformasi dan perkembangan signifikan. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Konsolidasi BUMN: Pemerintah telah melakukan penggabungan BUMN di sektor-sektor seperti perbankan, asuransi, dan telekomunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.
  2. Pembentukan Holding: Holding BUMN dibentuk dalam sektor-sektor seperti energi, pertambangan, dan transportasi untuk memperkuat sinergi dan optimalisasi sumber daya.
  3. Digitalisasi BUMN: BUMN didorong untuk melakukan transformasi digital guna meningkatkan pelayanan publik dan efisiensi operasional.
  4. Penawaran Saham Perdana (Initial Public Offering/IPO): Beberapa BUMN melakukan IPO untuk meningkatkan modal dan memperbaiki tata kelola perusahaan.

Peran Strategis BUMN

BUMN memiliki peranan kunci dalam berbagai aspek pembangunan nasional, termasuk:

  1. Meningkatkan Pendapatan Negara: BUMN memberikan kontribusi pada pendapatan negara melalui pembayaran pajak, dividen, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
  2. Membuka Peluang Kerja: BUMN menjadi sumber pekerjaan bagi jutaan warga Indonesia dan turut berperan dalam mengatasi kemiskinan.
  3. Menyediakan Infrastruktur: BUMN bertanggung jawab atas pembangunan dan pengelolaan infrastruktur penting seperti jalan, pelabuhan, dan bandara.
  4. Mendukung Ekonomi Nasional: BUMN berperan aktif dalam sektor-sektor strategis seperti energi, perbankan, dan telekomunikasi, yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Kesimpulan

BUMN menjelma menjadi pilar kokoh dalam dinamika perekonomian Indonesia dan memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional. Pemahaman mendalam tentang ragam BUMN dan perkembangan terkininya menjadi krusial untuk mengapresiasi kontribusi dan potensi mereka di masa mendatang.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *