BUMN Batch 2 Berapa Posisi - Kabar Gembira! BUMN Batch 2 Membuka Banyak Posisi, Yuk Cek!

BUMN Batch 2 Berapa Posisi – Kabar Gembira! BUMN Batch 2 Membuka Banyak Posisi, Yuk Cek!

BUMN Batch 2 Berapa Posisi - Kabar Gembira! BUMN Batch 2 Membuka Banyak Posisi, Yuk Cek!

BUMN Batch 2 Berapa Posisi – Indonesia saat ini sedang menghadapi era baru dalam pengembangan sumber daya manusia dengan terbukanya banyak peluang karir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN Batch 2 hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan lapangan kerja yang berkualitas, stabil, dan penuh tantangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendetail mengenai BUMN Batch 2, termasuk berapa banyak posisi yang dibuka, kriteria pendaftaran, tahapan seleksi, serta tips dan trik untuk sukses dalam proses seleksi. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan informasi bimbingan belajar (bimbel) yang dapat membantu para calon peserta dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi BUMN. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai!

Apa itu BUMN Batch 2?

BUMN Batch 2 adalah inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN untuk membuka kesempatan kerja di berbagai perusahaan milik negara. Program ini bertujuan untuk menjaring talenta-talenta terbaik bangsa yang siap berkontribusi dalam pembangunan dan pengelolaan perusahaan-perusahaan milik negara.

Program BUMN Batch 2 merupakan kelanjutan dari BUMN Batch 1 yang telah sukses sebelumnya. Pada batch kedua ini, pemerintah menargetkan untuk merekrut lebih banyak kandidat dengan latar belakang yang lebih beragam, baik dari segi pendidikan, pengalaman kerja, maupun keterampilan khusus.

Berapa Posisi yang Dibuka pada BUMN Batch 2?

Jumlah posisi yang dibuka pada BUMN Batch 2 sangat beragam, tergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan BUMN. Secara keseluruhan, BUMN Batch 2 menawarkan ribuan posisi yang tersebar di berbagai sektor, termasuk energi, perbankan, telekomunikasi, konstruksi, transportasi, dan lain-lain.

Setiap perusahaan BUMN memiliki kebutuhan spesifik yang berbeda-beda, sehingga jumlah posisi yang tersedia pun bervariasi. Beberapa perusahaan mungkin hanya membuka puluhan posisi, sementara yang lain bisa membuka ratusan hingga ribuan posisi. Penting untuk mencatat bahwa jumlah posisi yang dibuka dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan industri.

Sektor dan Bidang Pekerjaan yang Dibuka

BUMN Batch 2 membuka peluang karir di berbagai sektor dan bidang pekerjaan. Berikut adalah beberapa sektor utama yang menjadi fokus dalam BUMN Batch 2:

  1. Energi dan Pertambangan: Sektor ini mencakup perusahaan-perusahaan seperti Pertamina, PLN, dan Aneka Tambang. Posisi yang dibuka antara lain adalah insinyur, manajer proyek, analis energi, dan teknisi.
  2. Perbankan dan Keuangan: Sektor ini mencakup Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Posisi yang tersedia meliputi analis keuangan, manajer risiko, spesialis kredit, dan teller.
  3. Telekomunikasi: Telkom Indonesia adalah salah satu perusahaan utama di sektor ini. Posisi yang ditawarkan mencakup insinyur jaringan, manajer produk, analis data, dan spesialis layanan pelanggan.
  4. Konstruksi dan Infrastruktur: Waskita Karya, Adhi Karya, dan Wijaya Karya adalah beberapa perusahaan yang membuka posisi di sektor ini. Posisi yang tersedia meliputi insinyur sipil, manajer proyek, dan teknisi konstruksi.
  5. Transportasi dan Logistik: PT KAI, Garuda Indonesia, dan Pelindo adalah contoh perusahaan di sektor ini. Posisi yang ditawarkan meliputi manajer operasional, insinyur mesin, dan spesialis logistik.
  6. Agribisnis dan Kehutanan: Perusahaan seperti PTPN dan Perhutani membuka posisi di sektor ini. Posisi yang tersedia antara lain agronom, manajer kebun, dan teknisi tanaman.

Kriteria Pendaftaran

Untuk bisa mendaftar di BUMN Batch 2, calon peserta harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria ini meliputi:

BUMN Batch 2 Berapa Posisi - Kabar Gembira! BUMN Batch 2 Membuka Banyak Posisi, Yuk Cek!

Tahapan Seleksi

  1. Warga Negara Indonesia: Calon peserta harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP atau dokumen resmi lainnya.
  2. Pendidikan Minimal: Pendidikan minimal yang diterima untuk mendaftar adalah Sarjana (S1) dari berbagai jurusan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Beberapa posisi mungkin membutuhkan pendidikan lebih tinggi atau kualifikasi khusus.
  3. Usia: Usia maksimal untuk pendaftar umumnya adalah 27-30 tahun untuk lulusan S1, dan 35 tahun untuk lulusan S2 atau yang memiliki pengalaman kerja tertentu. Namun, kriteria usia dapat bervariasi tergantung pada posisi dan perusahaan.
  4. IPK Minimal: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal untuk pendaftaran biasanya adalah 3.00 dari skala 4.00. Beberapa posisi mungkin memiliki persyaratan IPK yang lebih tinggi.
  5. Pengalaman Kerja: Meskipun tidak semua posisi membutuhkan pengalaman kerja, beberapa posisi tertentu mungkin mensyaratkan pengalaman minimal di bidang terkait.
  6. Kesehatan: Calon peserta harus sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Kompetensi Khusus: Beberapa posisi mungkin membutuhkan kompetensi khusus seperti sertifikasi profesional, kemampuan bahasa asing, atau keahlian teknis tertentu.

Proses seleksi BUMN Batch 2 terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta. Tahapan-tahapan ini dirancang untuk menilai kemampuan, kompetensi, dan kesesuaian calon peserta dengan posisi yang dilamar. Berikut adalah tahapan seleksi yang umum dilakukan:

  1. Pendaftaran Online: Calon peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi yang telah ditentukan. Pada tahap ini, peserta diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan seperti CV, transkrip nilai, dan sertifikat pendukung lainnya.
  2. Seleksi Administrasi: Pada tahap ini, panitia akan memeriksa kelengkapan dan kesesuaian dokumen yang telah diunggah oleh calon peserta. Hanya peserta yang memenuhi kriteria administrasi yang akan lanjut ke tahap berikutnya.
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD): TKD meliputi tes pengetahuan umum, kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan tes logika. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan dasar yang diperlukan dalam pekerjaan di BUMN.
  4. Tes Kompetensi Bidang (TKB): TKB adalah tes yang lebih spesifik sesuai dengan bidang atau posisi yang dilamar. Tes ini dapat berupa tes tertulis, tes praktek, atau wawancara teknis yang dilakukan oleh profesional di bidang terkait.
  5. Assessment Center: Pada tahap ini, peserta akan mengikuti berbagai simulasi dan tes psikologis untuk menilai kompetensi manajerial, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan bekerja dalam tim.
  6. Wawancara HR: Peserta yang lolos assessment center akan mengikuti wawancara dengan tim Human Resources (HR). Wawancara ini bertujuan untuk menilai motivasi, kesesuaian budaya, dan potensi pengembangan peserta di perusahaan.
  7. Medical Check-Up: Peserta yang lolos wawancara HR akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat dan fit untuk bekerja.
  8. Pengumuman Hasil: Setelah semua tahapan seleksi selesai, peserta yang dinyatakan lulus akan diumumkan melalui situs resmi atau media komunikasi lainnya. Peserta yang lulus akan mendapatkan surat penawaran kerja dan diarahkan untuk mengikuti proses orientasi di perusahaan masing-masing.

Tips dan Trik untuk Sukses dalam Seleksi BUMN Batch 2

Menghadapi seleksi BUMN Batch 2 tentu membutuhkan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda sukses dalam proses seleksi:

  1. Pahami Posisi yang Dilamar: Sebelum mendaftar, pastikan Anda memahami dengan baik posisi yang dilamar, termasuk tugas dan tanggung jawabnya. Baca deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk memastikan Anda memenuhi persyaratan.
  2. Persiapkan Dokumen dengan Baik: Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap dan tersusun rapi. Periksa kembali CV, transkrip nilai, dan sertifikat pendukung sebelum mengunggahnya. Dokumen yang lengkap dan rapi akan meningkatkan peluang Anda untuk lolos seleksi administrasi.
  3. Belajar Materi TKD dan TKB: Pelajari materi-materi yang akan diuji dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Gunakan buku-buku referensi, modul latihan, dan aplikasi belajar online untuk memperdalam pemahaman Anda.
  4. Latihan Soal-Soal Psikotes: Banyak tahapan seleksi yang melibatkan tes psikologi. Latihan soal-soal psikotes akan membantu Anda terbiasa dengan jenis-jenis soal yang akan dihadapi dan meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab.
  5. Mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Belajar (Bimbel): Mengikuti bimbingan belajar khusus untuk persiapan seleksi BUMN dapat sangat membantu. Bimbel menyediakan materi lengkap, simulasi tes, dan lainnya.

Baca Juga: Daftar Perusahaan BUMN 2024 – Perbarui Informasi Anda dengan Daftar Terbaru Perusahaan BUMN 2024

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *