BUMN Jurusan Apa

BUMN Jurusan Apa – Jurusan Apa yang Paling Dicari oleh BUMN dalam Perekrutan Karyawan Baru?

BUMN Jurusan Apa – Pilihan jurusan ketika kuliah dapat memainkan peran besar dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam dunia karier, terutama ketika melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN, sebagai entitas bisnis yang dimiliki oleh negara, seringkali memiliki kebutuhan khusus untuk mengisi posisi kerja tertentu. Artikel ini akan menjelajahi jurusan-jurusan yang paling dicari oleh BUMN dalam perekrutan karyawan baru, serta alasan di balik preferensi ini.

Alasan BUMN Memiliki Preferensi Jurusan Tertentu

Sebelum kita memahami jurusan-jurusan yang paling dicari, penting untuk menyadari alasan di balik preferensi BUMN terhadap jurusan-jurusan tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan ini meliputi:

1. Kebutuhan Spesifik Industri:

  • BUMN yang beroperasi di sektor tertentu sering mencari lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Misalnya, BUMN di sektor energi akan mencari lulusan teknik listrik atau teknik mesin.

2. Strategi Perusahaan:

  • Strategi bisnis BUMN juga memainkan peran. Beberapa BUMN mungkin lebih fokus pada pengembangan infrastruktur, sementara yang lain mungkin lebih terlibat dalam sektor keuangan atau manufaktur.

3. Kemampuan Inovasi:

  • BUMN yang ingin terus berkembang dan berinovasi sering mencari individu dengan latar belakang di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti teknik informatika atau bioteknologi.

4. Keterlibatan Pemerintah:

  • Beberapa BUMN lebih erat terlibat dengan kebijakan pemerintah, dan karena itu, mereka mungkin mencari lulusan dengan pemahaman yang baik tentang ilmu pemerintahan atau hukum.

5. Dukungan untuk Program Pemerintah:

  • BUMN sering kali mendukung program-program pemerintah tertentu, seperti program pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lulusan yang mendukung visi dan misi pembangunan tersebut.

Jurusan yang Paling Dicari oleh BUMN

1. Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan:

  • BUMN yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur, seperti pembangkit listrik, jalan raya, dan bendungan, sering mencari lulusan teknik sipil dan teknik lingkungan.

2. Ekonomi dan Manajemen Bisnis:

  • BUMN di sektor keuangan atau manufaktur sering membutuhkan lulusan ekonomi dan manajemen bisnis untuk mengelola aspek keuangan dan operasional perusahaan.

3. Teknik Informatika dan Sistem Informasi:

  • Dengan peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis, BUMN di berbagai sektor mencari lulusan teknik informatika dan sistem informasi.

4. Hukum:

  • BUMN yang terlibat dalam sektor yang lebih terkait dengan regulasi pemerintah atau sektor yang membutuhkan pemahaman hukum yang kuat mencari lulusan hukum.

5. Teknik Elektro dan Teknik Mesin:

  • BUMN di sektor energi atau manufaktur sering mencari lulusan teknik elektro dan teknik mesin untuk mengelola dan memelihara peralatan industri.

6. Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional:

  • BUMN yang memiliki keterlibatan tinggi dengan pemerintah atau bisnis internasional mencari lulusan ilmu komunikasi dan hubungan internasional.

7. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat:

  • BUMN di sektor kesehatan sering mencari lulusan kedokteran dan kesehatan masyarakat untuk mendukung layanan kesehatan masyarakat.

8. Teknik Kimia dan Bioteknologi:

  • BUMN yang berfokus pada industri kimia atau bioteknologi mencari lulusan teknik kimia dan bioteknologi untuk riset dan pengembangan.

Strategi untuk Calon Mahasiswa

Bagi calon mahasiswa yang bermaksud melamar pekerjaan di BUMN, ada beberapa strategi yang dapat diadopsi untuk meningkatkan peluang mereka:

1. Konsultasi dengan Ahli Karier:

  • Konsultasilah dengan ahli karier atau penasihat akademik untuk memahami tren industri dan jenis pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Anda.

2. Kurikulum Tambahan:

  • Pilih kurikulum tambahan atau mata kuliah pilihan yang mendukung pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan BUMN.

3. Magang atau Praktek Lapangan:

  • Lakukan magang atau praktek lapangan di perusahaan atau proyek yang relevan dengan jurusan Anda. Ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis, tetapi juga membangun jaringan di industri tersebut.

4. Ikut Kelompok Studi atau Organisasi Mahasiswa:

  • Bergabunglah dengan kelompok studi atau organisasi mahasiswa yang terkait dengan bidang Anda. Ini memberikan peluang untuk berkolaborasi dan membangun koneksi.

5. Pengembangan Soft Skills:

  • Fokuslah pada pengembangan keterampilan lunak, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kerja tim, yang sering dicari oleh BUMN.

6. Partisipasi dalam Seminar dan Workshop:

  • Hadiri seminar dan workshop yang diselenggarakan oleh BUMN atau industri terkait untuk memahami lebih lanjut tentang kebutuhan dan tren industri.

Kesimpulan

Pemilihan jurusan memang dapat mempengaruhi peluang karier, terutama ketika melibatkan BUMN. Namun, penting untuk diingat bahwa keberhasilan dalam karier tidak hanya bergantung pada jurusan, tetapi juga pada kemampuan individu untuk terus belajar, beradaptasi, dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang terus berubah. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, sambil terus mengembangkan diri, setiap individu dapat membangun karier yang sukses, bahkan di dalam lingkup BUMN yang kompetitif.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *