BUMN Pariwisata

BUMN Pariwisata – Bergabunglah dalam Petualangan Pariwisata BUMN

BUMN Pariwisata – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang mengagumkan. Dengan ribuan pulau yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri pariwisata. Salah satu aspek penting dalam pengembangan sektor pariwisata adalah peran Badan Usaha Milik Negara di bidang pariwisata dan pendukungnya. Memiliki peran yang vital dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia, baik di pasar domestik maupun internasional.

BUMN pariwisata adalah badan usaha milik negara yang bergerak di berbagai bidang jasa pariwisata, termasuk pengelolaan bandara, maskapai penerbangan, hotel, kawasan wisata, dan lainnya. Mereka memiliki misi untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan pariwisata unggulan di dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran penting BUMN di bidang pariwisata.

BUMN Pariwisata di Indonesia

Menurut website resmi Kementerian BUMN, ada sembilan BUMN yang tergabung dalam klaster pariwisata dan pendukung, yaitu:

  1. PT Angkasa Pura I (Persero): Operator bandara di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan bandara-bandara di daerah ini, memastikan pelayanan yang baik bagi wisatawan yang datang dan pergi.
  2. PT Angkasa Pura II (Persero): Operator bandara di wilayah Indonesia bagian barat. Dengan cakupan yang mencakup pulau Jawa, Bali, dan Sumatera, Angkasa Pura II memainkan peran penting dalam mendukung konektivitas udara di Indonesia.
  3. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk: Operator maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia. Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan nasional yang telah dikenal di seluruh dunia, membawa jutaan wisatawan ke Indonesia setiap tahunnya.
  4. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC: Pengembang dan pengelola kawasan pariwisata, seperti Nusa Dua Bali, Mandalika Lombok, dan Labuan Bajo. ITDC memiliki peran strategis dalam mengembangkan destinasi pariwisata premium di Indonesia.
  5. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero): Pengelola situs-situs cagar budaya, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Mereka menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya.
  6. PT Hotel Indonesia Natour (Persero): Pengelola hotel-hotel bersejarah, seperti Hotel Indonesia, Hotel Inna Bali, dan Hotel Inna Garuda. Hotel-hotel ini memiliki sejarah panjang dan menjadi bagian penting dari pengalaman wisatawan.
  7. PT Sarinah (Persero): Pengelola pusat perbelanjaan dan restoran yang menyajikan produk-produk lokal dan khas Indonesia. Sarinah mendukung pariwisata dengan menghadirkan beragam produk unggulan dari seluruh nusantara.
  8. Perum LPPNPI: Operator maskapai penerbangan AirNav Indonesia yang menyediakan layanan navigasi penerbangan. Mereka memastikan keselamatan dan efisiensi dalam pergerakan udara di Indonesia.
  9. PT Survai Udara Penas (Persero): Penyedia layanan survei udara, fotogrametri, dan pemetaan. Mereka memiliki peran penting dalam pemetaan dan pengembangan infrastruktur pariwisata.

BUMN Pariwisata: Holding BUMN Bidang Pariwisata dan Pendukung

Pada Oktober 2021, Kementerian BUMN resmi membentuk Holding BUMN Bidang Pariwisata dan Pendukung di bawah PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), yang merupakan perubahan nama dari PT Survai Udara Penas (Persero). Pembentukan holding ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi, efisiensi, dan daya saing BUMN pariwisata di era digital.

Langkah ini merupakan upaya yang sangat positif dalam memperkuat posisi BUMN di sektor pariwisata. Dengan adanya holding, BUMN dapat bekerja lebih efisien, berkolaborasi lebih baik, dan mengambil keuntungan dari teknologi digital untuk meningkatkan pengalaman wisatawan.

Keuntungan Bergabung dalam Petualangan Pariwisata BUMN

Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

  1. Membantu Mengembangkan Pariwisata Indonesia

Industri pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar untuk pertumbuhan di Indonesia. Dengan bergabung dalam BUMN pariwisata, Anda akan menjadi bagian dari upaya bersama untuk mengembangkan sektor ini. Anda akan memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke tingkat internasional, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan menciptakan lapangan kerja.

  1. Kesempatan Berkarir yang Luas

BUMN pariwisata menawarkan beragam kesempatan karir yang luas. Anda bisa bekerja di berbagai bidang, mulai dari manajemen bandara, penerbangan, pengelolaan kawasan pariwisata, hingga pengembangan infrastruktur. BUMN pariwisata juga memberikan peluang untuk pengembangan diri melalui pelatihan dan pengalaman kerja yang berharga.

  1. Mendukung Pemeliharaan Budaya dan Lingkungan

Beberapa BUMN pariwisata, seperti PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero), memiliki peran khusus dalam pemeliharaan situs-situs cagar budaya. Bergabung dalam BUMN ini berarti Anda turut andil dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Selain itu, BUMN juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan, sehingga Anda bisa berkontribusi dalam upaya pelestarian alam.

  1. Pengalaman Kerja yang Berharga

Kerja di BUMN pariwisata akan memberikan Anda pengalaman kerja yang berharga. Anda akan belajar tentang industri pariwisata dari berbagai aspek, mulai dari manajemen hingga pemasaran. Pengalaman ini akan menjadi modal berharga dalam mengembangkan karir Anda di masa depan.

Kesimpulan

BUMN di bidang pariwisata memiliki peran penting dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia. Mereka berperan dalam pengelolaan bandara, maskapai penerbangan, pengelolaan kawasan pariwisata, dan lainnya. Dengan adanya Holding BUMN Bidang Pariwisata dan Pendukung, sinergi dan efisiensi dalam sektor ini semakin ditingkatkan.

Bergabung dalam petualangan pariwisata BUMN adalah langkah yang baik bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan pariwisata Indonesia. Anda akan memiliki kesempatan untuk berkarir dalam berbagai bidang, mendukung pemeliharaan budaya dan lingkungan, serta mendapatkan pengalaman kerja yang berharga. Jadi, ayo bergabung dalam perjalanan pariwisata BUMN dan menjadi bagian dari kebanggaan Indonesia dalam menyambut wisatawan dari seluruh dunia.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *