bumn peternakan

BUMN Peternakan – Bagaimana BUMN Peternakan Berkontribusi pada Ketahanan Pangan?

BUMN Peternakan – Di tengah tantangan ketahanan pangan yang semakin mendesak, peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam sektor peternakan menjadi semakin krusial. Salah satu BUMN yang berperan aktif dalam bidang ini adalah PT Berdikari (Persero), sebuah perusahaan yang telah berdedikasi dalam pengembangan peternakan dan produk olahan hasil peternakan sejak tahun 1966.

BUMN Peternakan: PT Berdikari (Persero)

PT Berdikari (Persero) lahir pada tahun 1966 dengan nama PT Pilot Proyek (PP) Berdikari, berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Ampera Republik Indonesia No. 01/EK/KEP/1966 tanggal 12 Agustus 1966. Dengan sejarah panjang ini, PT Berdikari (Persero) telah menjadi pionir dalam industri peternakan dan produk olahan hasil peternakan di Indonesia.

Dalam perjalanannya, PT Berdikari (Persero) telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan peternakan di Tanah Air. Dengan fokus pada inovasi dan keberlanjutan, perusahaan ini telah berhasil menciptakan fondasi yang kokoh, memberikan dampak positif pada sektor peternakan Indonesia.

BUMN Peternakan: Kontribusi PT Berdikari pada Ketahanan Pangan

Pada era globalisasi ini, ketahanan pangan menjadi isu yang semakin kompleks. Maka dari itu, BUMN seperti PT Berdikari (Persero) memiliki peran strategis dalam memastikan ketersediaan dan keberlanjutan pasokan pangan nasional. Berikut adalah beberapa cara di mana PT Berdikari (Persero) berkontribusi pada ketahanan pangan:

  1. Pengembangan Peternakan UnggulPT Berdikari (Persero) telah terlibat secara aktif dalam pengembangan peternakan unggul. Melalui program-program peningkatan kualitas bibit dan pakan, perusahaan ini mendukung peternak lokal untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas ternak. Hal ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan peternak tetapi juga menyumbang pada pasokan daging dan produk hasil peternakan lainnya di tingkat nasional.
  2. Inovasi Produk OlahanSeiring dengan perkembangan teknologi, PT Berdikari (Persero) terus berinovasi dalam produk olahan hasil peternakan. Dengan menggabungkan tradisi dan teknologi modern, perusahaan ini menciptakan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan cara yang efisien. Dari sosis hingga dendeng, PT Berdikari (Persero) turut berperan dalam mendiversifikasi produk hasil peternakan di pasar domestik.
  3. Pemberdayaan Peternak LokalPT Berdikari (Persero) tidak hanya berfokus pada aspek bisnis semata, tetapi juga memiliki peran sosial yang kuat. Program pemberdayaan peternak lokal menjadi bagian integral dari misi perusahaan ini. Melalui pelatihan, pendampingan, dan penyediaan sarana produksi, PT Berdikari (Persero) mendukung peternak kecil dan menengah untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
  4. Keterlibatan dalam Rantai Pasok Pangan NasionalSebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, PT Berdikari (Persero) aktif terlibat dalam rantai pasok pangan. Kolaborasi dengan peternak, distributor, dan pihak terkait lainnya memastikan kelancaran distribusi produk hasil peternakan. Ini tidak hanya mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan tetapi juga memperkuat jaringan pangan nasional.

BUMN Peternakan: Holding BUMN Pangan

Dalam konteks lebih luas, Kementerian BUMN turut berkontribusi pada ketahanan pangan dengan merumuskan pembentukan Holding BUMN Pangan. Holding ini akan beranggotakan sembilan BUMN klaster pangan, termasuk PT Berdikari (Persero). Tujuannya adalah untuk memperkuat sektor peternakan nasional dan meningkatkan koordinasi antar-BUMN untuk mencapai target ketahanan pangan.

Dengan melibatkan PT Berdikari (Persero) dalam Holding BUMN Pangan, diharapkan sinergi antara BUMN dapat meningkatkan efisiensi, inovasi, dan daya saing sektor peternakan.

Kesimpulan

PT Berdikari (Persero) dan rencana pembentukan Holding BUMN Pangan adalah langkah yang strategis dalam mendukung ketahanan pangan Indonesia. Melalui pengembangan peternakan, inovasi produk olahan, pemberdayaan peternak lokal, dan keterlibatan dalam rantai pasok pangan nasional, BUMN tersebut berperan sebagai tulang punggung sektor peternakan.

Dengan meningkatnya peran BUMN dalam sektor peternakan, diharapkan Indonesia dapat mencapai tingkat ketahanan pangan yang lebih baik. Langkah-langkah ini tidak hanya mendukung keberlanjutan bisnis BUMN tetapi juga memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *