Cara Mengisi Surat Rekomendasi BUMN

Cara Mengisi Surat Rekomendasi BUMN – BOCOR! Rahasia Isi Surat Rekomendasi yang Bikin Lolos BUMN

Cara Mengisi Surat Rekomendasi BUMN – Melamar ke BUMN? Jangan anggap remeh surat rekomendasi! Seringkali, secarik kertas berisi penilaian penjamin Anda inilah yang menjadi pembeda antara kandidat lolos atau tidak. Namun, bagaimana cara mengisi surat rekomendasi BUMN yang baik dan menarik perhatian perekrut? Yuk, simak langkah-langkahnya!

Pertama, Pahami Fungsi Surat Rekomendasi BUMN

Surat rekomendasi BUMN bukanlah sekedar formalitas. Ini adalah dokumen resmi yang dibuat oleh atasan, dosen, atau pihak yang pernah bekerja sama dengan Anda. Fungsinya adalah memberikan penilaian obyektif mengenai kinerja, kompetensi, dan karakter Anda. Melalui surat ini, perekrut BUMN dapat melihat gambaran diri Anda secara lebih lengkap di luar data yang tertera di CV.

Kedua, Kenali yang Dihubungi

Sebelum meminta pembuatan surat rekomendasi, kenali dulu pihak yang akan Anda hubungi. Pilihlah figur yang mengenal Anda dengan baik, terutama dalam konteks pekerjaan atau bidang yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Idealnya, mereka pernah menjadi atasan langsung, dosen pembimbing skripsi, atau rekan kerja yang dapat menilai kinerja Anda secara detail.

Ketiga, Jalin Komunikasi yang Efektif

Setelah memilih figur yang tepat, jalinlah komunikasi yang baik. Jelaskan kepada mereka bahwa Anda berencana melamar ke BUMN tertentu untuk posisi tertentu. Sampaikan alasan Anda meminta surat rekomendasi dan jelaskan mengapa mereka cocok menjadi pihak yang memberikan penilaian.

Tips Menarik:

Tawarkan Draf CV dan Deskripsi Pekerjaan: Permudah pemberi rekomendasi dengan memberikan draf CV dan deskripsi lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Ini membantu mereka menyesuaikan poin-poin penilaian dengan kualifikasi yang dibutuhkan BUMN.
Berikan Contoh Prestasi: Ingatkan mereka pencapaian atau kontribusi Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Ini memicu ingatan mereka untuk menuliskan contoh konkret dalam surat rekomendasi.


Keempat, Isi Penting: Poin-poin yang Wajib Dicantumkan

Umumnya, BUMN tidak menyediakan format khusus untuk surat rekomendasi. Namun, ada beberapa poin penting yang wajib dicantumkan:

  • Kop Surat: Mencantumkan logo, nama instansi, dan alamat lengkap pemberi rekomendasi.
  • Perihal: Menuliskan perihal “Surat Rekomendasi untuk Lamaran BUMN” dan nama Anda.
  • Identitas Pemberi Rekomendasi: Mencantumkan nama lengkap, jabatan, dan kontak informasi pemberi rekomendasi.
  • Identitas Anda: Mencantumkan nama lengkap, hubungan dengan pemberi rekomendasi (misalnya: mantan anak buah), dan lama mengenal Anda.
  • Isi Surat: Di bagian inilah pemberi rekomendasi memberikan penilaian. Beberapa poin penting yang harus ada:
  • Kinerja: Deskripsikan kinerja Anda secara objektif. Sorot pencapaian, kemampuan menyelesaikan tugas, dan inisiatif yang Anda miliki.
  • Kompetensi: Jelaskan keahlian dan pengetahuan yang Anda miliki, khususnya yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Karakter: Deskripsikan karakter Anda yang sesuai dengan nilai AKHLAK BUMN (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Berikan contoh konkret yang menggambarkan karakter tersebut.
  • Potensi: Sampaikan pandangan pemberi rekomendasi mengenai potensi pengembangan diri Anda di masa depan.
  • Penutup: Nyatakan kesediaan pemberi rekomendasi untuk dihubungi pihak BUMN untuk verifikasi.
  • Tanda Tangan dan Stempel: Tanda tangan pemberi rekomendasi dan stempel basah dari instansi pemberi rekomendasi (jika ada).


Kelima, Perhatikan Bahasa dan Kerapian

Surat rekomendasi yang baik ditulis dengan bahasa yang formal, jelas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa yang bertele-tele atau subjektif. Perhatikan juga kerapian surat, baik dari segi pengetikan maupun kebersihan kertas. Kesan pertama yang rapi akan memberikan penilaian positif terhadap Anda.

Fakta Menarik:

Tahukah Anda, riset dari National Association of Colleges and Employers (NACE) di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 70% perekrut menganggap surat rekomendasi sebagai salah satu faktor penting dalam proses seleksi kerja. Ini menandakan betapa pentingnya memiliki surat rekomendasi yang kuat dan kredibel.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan poin-poin penting, Anda dapat membuat surat rekomendasi BUMN yang memikat hati perekrut. Jangan lupa untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan pemberi rekomendasi Anda. Semoga sukses melamar ke BUMN impian!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *