Contoh Soal Core Value Akhlak BUMN - Kenali Core Value BUMN!

Contoh Soal Core Value Akhlak BUMN – Kenali Core Value BUMN!

Gebrak Tes BUMN dengan Persiapan Jempolan: Contoh Soal Core Values AKHLAK!

Contoh Soal Core Value Akhlak BUMN – Pernahkah Anda bercita-cita membangun karier di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Gaji menarik, benefit ciamik, plus kesempatan kontribusi langsung untuk kemajuan negara, BUMN memang jadi impian banyak orang. Nah, proses seleksi BUMN kini mengutamakan tes khusus yang menilai kesesuaian calon karyawan dengan core values AKHLAK. Bingung apa itu AKHLAK dan contoh soalnya seperti apa? Tenang, artikel ini akan membantu Anda menguasainya!

Mengenal Core Values AKHLAK: Panduan Etika BUMN

AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Keenam nilai ini dijadikan sebagai panduan etika dan perilaku bagi seluruh karyawan BUMN. Menguasai core values AKHLAK dan mencerminkannya dalam sikap serta tindakan adalah kunci sukses Anda dalam menggapai mimpi berkarier di BUMN.

Mari kita telusuri masing-masing nilai dalam AKHLAK dan lihat contoh perilaku yang mencerminkannya dalam sebuah situasi kerja di BUMN:

1. Amanah: Pegang Teguh Kepercayaan yang Diberikan

  • Arti: Nilai Amanah menegaskan pentingnya memegang teguh kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan. Karyawan BUMN harus bertanggung jawab atas tugas dan kewenangan yang diemban, serta mengelola sumber daya perusahaan dengan jujur dan efektif.
  • Contoh Situasi: Anda mendapatkan tugas mengelola anggaran sebesar Rp
    100 juta untuk sebuah proyek. Anda harus menggunakan anggaran tersebut secara tepat dan transparan, serta membuat laporan pengeluaran yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

2. Kompeten: Berkembang dan Berinovasi

  • Arti: Nilai Kompeten menekankan pentingnya mengembangkan diri secara terus-menerus dan memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Karyawan BUMN diharapkan proaktif dalam meningkatkan pengetahuan dan skill agar dapat berinovasi dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan.
  • Contoh Situasi: Divisi Anda sedang mengalami disrupsi teknologi yang berdampak pada proses kerja selama ini. Anda memilih untuk mengikuti pelatihan tentang teknologi baru tersebut agar dapat beradaptasi dan mencari cara baru yang lebih efisien untuk menjalankan tugas.

3. Harmonis: Bekerja Sama dengan Penuh Kesatuan

  • Arti: Nilai Harmonis menekankan pentingnya membangun hubungan baik dan saling menghargai antar-sesama karyawan. Karyawan BUMN harus mampu bekerja sama dalam tim dengan efektif, mengelola perbedaan pendapat secara sehat, dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

4. Loyal: Dedikasi Tinggi untuk Kemajuan BUMN

  • Arti: Nilai Loyal menegaskan pentingnya memiliki dedikasi tinggi terhadap perusahaan dan mengutamakan kepentingan BUMN di atas kepentingan pribadi. Karyawan BUMN diharapkan bekerja dengan semangat dan rasa memiliki, serta berkomitmen untuk mencapai tujuan bersama perusahaan.
  • Contoh Situasi: Anda mendapatkan tawaran pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi dari BUMN tempat Anda bekerja saat ini. Namun, Anda mencintai pekerjaan Anda di BUMN dan yakin dengan masa depan perusahaan. Anda memilih untuk tetap bekerja di BUMN dan memberikan kontribusi terbaik Anda untuk kemajuan perusahaan.

5. Adaptif: Cepat Beradaptasi dengan Perubahan

  • Arti: Nilai Adaptif menekankan pentingnya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dengan cepat dan efektif. Karyawan BUMN harus terbuka terhadap ide-ide baru, mampu belajar dengan cepat, dan fleksibel dalam menghadapi tantangan dan situasi yang berubah.
  • Contoh Situasi: Perusahaan mengalami perubahan struktur organisasi yang menyebabkan perubahan posisi Anda. Anda menerima posisi baru tersebut dengan antusias dan siap mempelajari tugas dan tanggung jawab baru dengan cepat. Anda juga berusaha membangun hubungan baik dengan tim baru Anda.

6. Kolaboratif: Bekerja Sama dengan Saling Mendukung

  • Arti: Nilai Kolaboratif menekankan pentingnya bekerja sama dengan saling mendukung dan berbagi pengetahuan. Karyawan BUMN harus mampu bekerja sama dalam tim dengan baik, saling mendukung dan memberikan kontribusi yang maksimal untuk mencapai tujuan bersama.
  • Contoh Situasi: Anda dan tim Anda sedang mengerjakan sebuah proyek besar yang membutuhkan kolaborasi dengan divisi lain. Anda berkomunikasi dengan baik dengan tim lain, berbagi informasi dan ide dengan terbuka, serta siap membantu mereka kapanpun dibutuhkan.

Tips Jitu Mempersiapkan Diri untuk Tes Core Values AKHLAK

  • Pelajari nilai-nilai AKHLAK secara mendalam. Pahami arti dari setiap nilai dan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam konteks kerja di BUMN.
  • Refleksikan pengalaman Anda sebelumnya. Pikirkan contoh-contoh konkret dari situasi di mana Anda telah menunjukkan nilai-nilai AKHLAK dalam pekerjaan atau kegiatan Anda sebelumnya.
  • Berlatih menjawab soal contoh. Cari contoh soal tes core values AKHLAK di internet atau dari sumber lain dan berlatihlah menjawabnya dengan jelas dan konkret.
  • Tetap tenang dan percaya diri saat tes. Ingatlah bahwa tes ini hanya untuk menilai kecocokan Anda dengan nilai-nilai perusahaan. Tunjukkan kemampuan terbaik Anda.

Contoh Soal Core Values AKHLAK

Berikut adalah beberapa contoh soal core values AKHLAK yang mungkin Anda temui dalam tes BUMN:

Situasi: Anda adalah seorang supervisor di bagian produksi. Anda melihat salah satu bawahan Anda sedang menggunakan mesin produksi dengan cara yang tidak aman.

Pertanyaan:

  • Nilai AKHLAK apa yang paling tepat untuk diterapkan dalam situasi ini? Jelaskan mengapa.
  • Tindakan apa yang akan Anda ambil untuk menyelesaikan situasi ini? Jelaskan bagaimana tindakan Anda menunjukkan nilai AKHLAK yang dipilih.

Situasi: Anda sedang mengikuti rapat tim untuk membahas strategi baru perusahaan. Anda memiliki ide yang berbeda dengan ide mayoritas tim.

Pertanyaan:

  • Nilai AKHLAK apa yang paling penting untuk dipegang teguh dalam situasi ini? Jelaskan mengapa.
  • Bagaimana Anda akan menyampaikan ide Anda kepada tim dengan cara yang profesional dan menghormati pendapat orang lain? Jelaskan bagaimana cara Anda menunjukkan nilai AKHLAK dalam proses ini.

Situasi: Perusahaan sedang mengalami krisis keuangan dan harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap beberapa karyawan. Anda ditugaskan untuk menyampaikan kabar PHK kepada salah satu karyawan.

Pertanyaan:

  • Nilai AKHLAK apa yang paling penting untuk dipegang teguh dalam situasi ini? Jelaskan mengapa.
  • Bagaimana Anda akan menyampaikan kabar PHK kepada karyawan tersebut dengan cara yang empati dan profesional? Jelaskan bagaimana cara Anda menunjukkan nilai AKHLAK dalam proses ini.

Tips Tambahan

  • Jawablah pertanyaan dengan jujur dan terbuka. Hindari memberikan jawaban yang terkesan dibuat-buat atau tidak sesuai dengan nilai-nilai Anda yang sebenarnya.
  • Gunakan contoh-contoh konkret dari pengalaman Anda untuk memperkuat jawaban Anda.
  • Tunjukkan antusiasme dan komitmen Anda terhadap nilai-nilai AKHLAK dan keinginan Anda untuk berkontribusi bagi BUMN.

Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai AKHLAK, Anda akan lebih siap untuk menggapai mimpi berkarier di BUMN dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *