Contoh Soal Number Sequence BUMN - Siapkan Diri untuk Tes BUMN!

Contoh Soal Number Sequence BUMN – Siapkan Diri untuk Tes BUMN!

Asah Otak: Tantang Dirimu dengan Contoh Soal Number Sequence BUMN!

Contoh Soal Number Sequence BUMN – Pernah bermimpi bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara)? Gaji stabil, benefit menarik, dan kontribusi nyata untuk negara tentu menjadi daya pikatnya. Namun, untuk menembus gerbang BUMN, Anda perlu menaklukkan berbagai ujian, salah satunya tes logika yang sering menggunakan soal number sequence.

Bingung mengatasinya? Jangan khawatir! Artikel ini akan membantumu mengasah otak dengan menyajikan berbagai contoh soal number sequence BUMN lengkap dengan penjelasannya. Ayo, tantang dirimu untuk menjadi calon pekerja profesional BUMN!

Mengenal Tes Number Sequence: Uji Logika untuk Otak Gesit

Tes number sequence merupakan salah satu bentuk tes logika yang sering dijumpai dalam rekrutmen BUMN. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan calon karyawan dalam mengidentifikasi pola dan hubungan antar angka.

Dengan menghadapi tes ini, perekrut dapat mengintip kemampuan Anda dalam berpikir sistematis, analitis, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, terutama ketika Anda dihadapkan pada situasi yang menuntut keputusan cepat dan tepat.

Jenis-Jenis Soal Number Sequence yang Perlu Dikenali

Soal number sequence dapat muncul dalam berbagai bentuk. Mari kita kenali beberapa jenis umum yang perlu Anda waspadai:

  • Number sequence bertambah/berkurang tetap: Deretan angka bertambah atau berkurang dengan nilai konstan pada setiap langkah. Contoh: 2, 4, 6, 8, …
  • Number sequence bertambah/berkurang berpola: Deretan angka bertambah atau berkurang dengan nilai yang tidak tetap, melainkan mengikuti pola tertentu. Contoh: 3, 7, 11, 15, …
  • Number sequence perkalian/pembagian: Deretan angka diperoleh melalui perkalian atau pembagian dengan nilai konstan. Contoh: 2, 4, 8, 16, …
  • Number sequence kombinasi: Deretan angka merupakan kombinasi dari beberapa pola operasi matematika dasar. Contoh: 2, 5, 8, 13, …

Strategi Jitu Mengerjakan Soal Number Sequence

Mengerjakan tes number sequence tidak perlu membuat Anda pusing tujuh keliling. Berikut beberapa strategi jitu yang dapat membantumu menaklukkannya:

  • Amati dengan Teliti: Perhatikan baik-baik deretan angka yang disajikan. Identifikasi perbedaan antar angka yang berdekatan. Adakah pola pertambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian yang konsisten?
  • Cari Pola yang Tersembunyi: Jangan hanya terpaku pada perbedaan sederhana. Kadang pola yang benar tersembunyi di balik angka-angka yang terlihat acak. Coba lihat hubungan antar angka ke-2 dan ke-3, atau angka ke-1 dan ke-4.
  • Gunakan Kertas Coretan: Jangan ragu untuk menggunakan kertas coretan untuk mencatat pola yang Anda temukan. Hal ini akan membantu Anda untuk memvisualisasikan pola dan menemukan solusi yang tepat.
  • Jangan Terburu-buru: Ambil waktu Anda untuk memahami soal dan menemukan pola yang benar. Jangan panik jika Anda tidak langsung menemukan jawabannya. Teruslah beranalisa dan berpikir dengan tenang.
  • Periksa Kembali Jawaban Anda: Setelah Anda yakin dengan jawaban Anda, periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan hitung atau logika.

Berlatih dengan Contoh Soal Number Sequence BUMN

Berikut beberapa contoh soal number sequence BUMN yang dapat Anda coba untuk berlatih:

Soal 1:

4, 8, 12, 16, …

Jawaban:

20

Penjelasan:

Deretan angka ini bertambah 4 pada setiap langkah.

Soal 2:

3, 5, 9, 17, 31, …

Jawaban:

57

Penjelasan:

Deretan angka ini mengikuti pola perkalian: 3 x 2 = 6; 6 x 3 = 18; 18 x 5 = 90; 90 x 7 = 630; 630 x 9 = 5670.

Soal 3:

2, 7, 12, 17, 22, …

Jawaban:

27

Penjelasan:

Deretan angka ini mengikuti pola penjumlahan: 2 + 5 = 7; 7 + 5 = 12; 12 + 5 = 17; 17 + 5 = 22; 22 + 5 = 27.

Soal 4:

1, 4, 10, 18, 28, …

Jawaban:

39

Penjelasan:

Deretan angka ini mengikuti pola penambahan selisih: 1 + 3 = 4; 4 + 6 = 10; 10 + 8 = 18; 18 + 10 = 28; 28 + 12 = 40.

Soal 5:

5, 10, 17, 26, 37, …

Jawaban:

49

Penjelasan:

Deretan angka ini mengikuti pola penambahan hasil perkalian: 5 x 1 = 5; 5 x 2 + 2 = 12; 12 x 3 + 3 = 39; 39 x 4 + 4 = 162; 162 x 5 + 5 = 817.

Penutup

Tes number sequence merupakan salah satu rintangan yang harus Anda lewati untuk meraih karir di BUMN. Dengan memahami strategi dan berlatih dengan contoh soal, Anda dapat meningkatkan kemampuan logika dan siap menaklukkan tes ini. Ingatlah, kunci utama adalah ketelitian, kesabaran, dan pantang menyerah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam persiapan tes rekrutmen BUMN. Selamat berjuang!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *