FAQ RBB BUMN - Bagaimana mekanisme penilaian tes online tahap 1?

FAQ RBB BUMN – Bagaimana mekanisme penilaian tes online tahap 1?

FAQ RBB BUMN – Bagaimana mekanisme penilaian tes online tahap 1?

Dalam proses seleksi Rekrutmen Bersama BUMN, tes online tahap pertama merupakan salah satu tahapan krusial yang harus dilalui oleh para pelamar. Tes ini dirancang untuk mengukur kompetensi dasar serta potensi kepribadian dan kebangsaan calon pegawai BUMN. Dengan pemahaman yang baik tentang mekanisme penilaian yang digunakan, pelamar dapat lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi tes ini dengan strategi yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan secara mendetail tentang mekanisme penilaian untuk tes online tahap pertama bagi pelamar jenjang D3 hingga S2 serta SMA sederajat.

Penilaian Untuk Jenjang D3 s/d S2

Dalam tes online tahap pertama untuk jenjang pendidikan D3 hingga S2, ada beberapa komponen yang dinilai dengan ketentuan nilai standar minimum dan pembobotan sebagai berikut:

  1. Nilai Standard Minimum:
    • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Minimal 58
    • AKHLAK: Minimal 65
    • Wawasan Kebangsaan: Minimal 50
    Pelamar harus memenuhi nilai minimal ini untuk masing-masing komponen agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam proses seleksi.
  2. Pembobotan Nilai:
    • Tes Kemampuan Dasar (TKD): 40%
    • AKHLAK: 50%
    • Wawasan Kebangsaan: 10%
    Pembobotan ini menunjukkan bahwa aspek AKHLAK memiliki bobot tertinggi dalam penilaian, yang mengindikasikan pentingnya integritas dan nilai-nilai moral calon pegawai BUMN. Sedangkan TKD dan Wawasan Kebangsaan juga tetap menjadi faktor penting, namun dengan bobot yang lebih rendah.
  3. Ranking Sesuai Kebutuhan BUMN Terdaftar: Setelah semua nilai dihitung berdasarkan pembobotan, pelamar akan diranking berdasarkan skor total mereka. Ranking ini digunakan untuk menentukan siapa saja yang memenuhi kriteria dan kebutuhan BUMN yang terdaftar dalam seleksi tersebut.

Penilaian Untuk Jenjang SMA Sederajat

Untuk jenjang pendidikan SMA Sederajat, mekanisme penilaian disederhanakan dengan fokus pada Tes Kemampuan Dasar (TKD):

  1. Nilai Standard Minimum:
    • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Minimal 58
    Hanya satu komponen yang dinilai untuk jenjang SMA, yaitu TKD, yang harus dicapai minimal 58 untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya.
  2. Ranking Sesuai Kebutuhan BUMN Terdaftar: Seperti pada jenjang D3 hingga S2, pelamar SMA akan diranking berdasarkan nilai TKD mereka. Ranking ini akan menentukan pelamar mana yang paling sesuai dengan kebutuhan BUMN yang terlibat dalam rekrutmen.

Strategi Menghadapi Tes Online

Untuk menghadapi tes online dengan baik, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan pelamar:

  1. Pahami Format Soal: Mengenal format soal TKD, AKHLAK, dan Wawasan Kebangsaan akan membantu Anda dalam mempersiapkan jawaban yang tepat dan efisien.
  2. Latihan Teratur: Melakukan latihan soal-soal yang mirip dengan yang biasa muncul dalam tes dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat.
  3. Manajemen Waktu: Mengatur waktu dengan baik selama mengerjakan tes sangat penting. Pastikan Anda memberikan waktu yang cukup untuk setiap bagian sesuai dengan bobotnya.
  4. Kesiapan Mental: Tes ini tidak hanya mengukur kemampuan akademik tapi juga kestabilan emosi dan mental. Oleh karena itu, persiapan mental untuk menghadapi tekanan selama tes juga penting.

Kesimpulan

Mekanisme penilaian tes online tahap 1 dalam RBB BUMN sangat terstruktur dengan fokus pada kemampuan dasar, integritas, dan pengetahuan kebangsaan. Memahami detail mekanisme ini dan melakukan persiapan yang matang akan membantu pelamar untuk memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil. Dengan persiapan yang tepat dan strategi yang efektif, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi bagian dari BUMN di Indonesia.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *