Fungsi Utama BUMN - Ngapain Aja di BUMN?

Fungsi Utama BUMN – Ngapain Aja di BUMN?

BUMN: Raksasa Ekonomi Indonesia, Ini Dia Bentuk-Bentuknya! Tapi, Ngapain Sih Ada BUMN?

Fungsi Utama BUMN – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kerap menjadi idaman para pencari kerja. Reputasinya sebagai perusahaan mapan dengan gaji dan tunjangan yang menjanjikan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Namun, tahukah Anda, keberadaan BUMN tidak hanya seputar lapangan pekerjaan saja? Mari kita telusuri lebih dalam fungsi utama BUMN dan perannya dalam perekonomian Indonesia.

Menyejahterakan Rakyat: Tujuan Utama Keberadaan BUMN

Dasar hukum keberadaan BUMN tertuang dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara. Dalam pasal 2 undang-undang tersebut, dijelaskan bahwa tujuan dibentuknya BUMN adalah untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional secara umum dan peningkatan pendapatan negara secara khusus. Dengan demikian, fungsi utama BUMN adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Lalu, bagaimana cara BUMN mencapai tujuan tersebut? BUMN beroperasi di berbagai sektor strategis seperti energi, infrastruktur, perbankan, hingga telekomunikasi. Melalui operasional di sektor tersebut, BUMN diharapkan dapat:

  • Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dengan harga yang terjangkau: Salah satu fungsi utama BUMN adalah menjadi penyedia barang dan jasa yang diperlukan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Hal ini berbeda dengan perusahaan swasta yang berorientasi pada keuntungan maksimal. BUMN dapat menetapkan harga yang lebih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah.
  • Menciptakan lapangan kerja: BUMN merupakan salah satu penyedia lapangan kerja terbesar di Indonesia. Hal ini tentu berdampak positif terhadap tingkat pengangguran dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, BUMN juga memberikan efek ganda dalam penciptaan lapangan kerja melalui kontrak dengan perusahaan swasta pendukung operasional mereka.
  • Mengembangkan daerah: BUMN tidak hanya berpusat di kota besar saja. Banyak BUMN yang beroperasi di daerah dan membantu dalam pembangunan infrastruktur serta penyerapan tenaga kerja lokal. Hal ini tentu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan pengurangan kesenjangan pembangunan antar wilayah.

BUMN dan Peran Pentingnya di Sektor Strategis

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, BUMN beroperasi di berbagai sektor strategis yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat. Berikut beberapa contoh peran BUMN di sektor strategis tersebut:

  • Energi: Perusahaan BUMN seperti Pertamina dan PLN memegang peran penting dalam penyediaan listrik dan bahan bakar bagi masyarakat Indonesia. Stabilitas harga energi sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
  • Infrastruktur: Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jembatan, serta bandara banyak dilakukan oleh BUMN sektor konstruksi seperti PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero). Infrastruktur yang memadai memudahkan mobilitas penduduk dan distribusi barang, sehingga pada akhirnya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi.
  • Telekomunikasi: BUMN seperti Telkom Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison memegang peranan penting dalam penyediaan layanan komunikasi dan internet bagi masyarakat Indonesia. Akses yang mudah dan terjangkau terhadap informasi dan komunikasi merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas hidup dan mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Perbankan: BUMN perbankan seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, dan BNI memainkan peran penting dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat, khususnya bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Kemudahan akses kredit dan layanan keuangan lainnya dapat membantu UKM berkembang dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
  • Keuangan: BUMN seperti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan PT PII (Persero) berperan dalam menyediakan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. Pembiayaan ini membantu pemerintah dan sektor swasta dalam membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
  • Kelautan dan Perikanan: BUMN seperti PT Perikanan Nusantara (Persero) dan PT Pelindo Marine Service (Persero) berperan dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan. BUMN ini membantu nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan, menyediakan infrastruktur pengolahan dan distribusi hasil laut, serta mendukung pengembangan pariwisata bahari.
  • Kesehatan: BUMN seperti PT Bio Farma (Persero) dan PT Kimia Farma (Persero) berperan dalam menyediakan obat-obatan dan alat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. BUMN ini juga berperan dalam penelitian dan pengembangan obat-obatan serta dalam meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Bentuk-Bentuk BUMN dan Perkembangannya

BUMN di Indonesia memiliki berbagai bentuk, antara lain:

  • Perusahaan Perseroan (Persero): Merupakan bentuk BUMN yang paling umum dan memiliki modal yang seluruhnya dimiliki oleh negara. Persero memiliki otonomi yang lebih luas dalam pengelolaan keuangan dan operasionalnya dibandingkan dengan bentuk BUMN lainnya.
  • Perusahaan Umum (Perum): Merupakan bentuk BUMN yang modalnya seluruhnya dimiliki oleh negara, tetapi tidak memiliki otonomi yang luas seperti Persero. Perum biasanya ditujukan untuk menyediakan layanan publik yang bersifat esensial.
  • Perusahaan Daerah (PD): Merupakan bentuk BUMN yang modalnya dimiliki oleh pemerintah daerah. PD biasanya bergerak di sektor yang terkait dengan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.
  • Koperasi BUMN: Merupakan bentuk BUMN yang modalnya dimiliki oleh negara dan anggota koperasi. Koperasi BUMN biasanya bergerak di sektor yang terkait dengan kebutuhan anggota koperasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, BUMN terus mengalami transformasi untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan tata kelola BUMN, seperti restrukturisasi dan privatisasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan BUMN lebih efisien, efektif, dan transparan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan negara.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *