HRD BUMN - HRD BUMN: Teknik Rekrutmen yang Efektif dan Modern

HRD BUMN – HRD BUMN: Teknik Rekrutmen yang Efektif dan Modern

HRD BUMN - HRD BUMN: Teknik Rekrutmen yang Efektif dan Modern

HRD BUMN – Dalam dunia bisnis yang terus berubah, peran Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi sangat penting. Proses rekrutmen yang efektif dan modern adalah kunci untuk menarik dan mempertahankan talenta yang berkualitas. HRD (Human Resources Department) BUMN kini mengadopsi berbagai teknik rekrutmen yang tidak hanya efektif tetapi juga align dengan perkembangan teknologi dan trend industri. Artikel ini akan membahas beberapa teknik rekrutmen yang digunakan oleh HRD BUMN untuk menemukan kandidat yang ideal.

Mengadaptasi Teknologi dalam Rekrutmen

Penggunaan teknologi dalam proses rekrutmen sudah tidak bisa dihindarkan lagi. HRD BUMN telah memulai penggunaan berbagai platform digital untuk memudahkan proses rekrutmen:

1. Sistem ATS (Applicant Tracking System)

ATS adalah software yang digunakan untuk mengelola proses perekrutan dari awal hingga akhir. Sistem ini membantu HRD dalam menyaring CV, mengelola aplikasi, dan bahkan dalam proses wawancara. Dengan ATS, HRD BUMN dapat mengurangi penggunaan kertas dan mempercepat proses seleksi.

2. Platform Media Sosial

Media sosial kini bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga platform vital untuk rekrutmen. LinkedIn, misalnya, adalah alat yang sangat efektif untuk mencari kandidat profesional. Selain itu, Instagram dan Facebook juga sering digunakan untuk kampanye merek pemberi kerja (employer branding) yang menarik perhatian calon pelamar.

3. Job Portals

Situs pencarian kerja seperti Jobstreet, Kalibrr, dan JobsDB menjadi sumber yang kaya untuk menarik aplikasi dari calon kandidat. HRD BUMN memanfaatkan portal ini untuk memposting lowongan kerja dan menarik sejumlah besar aplikasi dalam waktu yang singkat.

Strategi Rekrutmen yang Inovatif

Selain teknologi, strategi dalam proses rekrutmen juga terus berkembang. Beberapa strategi modern yang diadopsi oleh HRD BUMN adalah:

1. Program Magang dan Internship

Program ini tidak hanya sebagai kesempatan bagi pemuda untuk mendapatkan pengalaman kerja, tetapi juga sebagai strategi jangka panjang HRD BUMN untuk ‘mencuri start’ dalam mengamankan bakat-bakat muda berpotensi. Peserta magang yang menunjukkan performa dan integritas tinggi sering kali mendapatkan tawaran kerja setelah program berakhir.

2. Kerjasama dengan Institusi Pendidikan

HRD BUMN kerap bekerjasama dengan universitas dan institusi pendidikan sebagai saluran untuk mendapatkan talenta. Melalui kerjasama ini, mereka dapat mengidentifikasi dan menarik minat mahasiswa berpotensi sejak dini.

3. Employee Referral Program

Program rujukan karyawan adalah teknik di mana karyawan saat ini mendorong kenalan atau teman mereka yang memenuhi syarat untuk melamar di perusahaan mereka. Program ini tidak hanya efektif dalam mendapatkan kandidat yang pas tetapi juga meningkatkan moral karyawan karena mereka merasa terlibat dan dihargai dalam proses rekrutmen.

Menilai Kandidat secara Komprehensif

Evaluasi kandidat melampaui sekadar kualifikasi teknis dan pengalaman kerja. HRD BUMN kini menggunakan berbagai metode untuk menilai calon karyawan secara lebih holistik:

1. Assessment Center

Metode ini melibatkan serangkaian kegiatan evaluasi yang dirancang untuk mengukur kelayakan kandidat. Ini bisa termasuk tes psikologi, simulasi pekerjaan, dan kegiatan kelompok yang mendemonstrasikan kemampuan kolaboratif dan kepemimpinan.

2. Wawancara Berlapis

Wawancara tidak lagi hanya sekali dan selesai. HRD BUMN sering melaksanakan beberapa sesi wawancara, mulai dari wawancara HR, wawancara dengan manajer tim yang relevan, hingga wawancara dengan eksekutif senior. Ini membantu memastikan bahwa kandidat cocok secara kultural dan profesional.

3. Tes Kepribadian dan Keahlian

Selain tes kompetensi umum, tes kepribadian dan keahlian khusus digunakan untuk melihat lebih dalam karakter dan cara kerja calon karyawan. Ini penting untuk memastikan bahwa kandidat dapat mengintegrasikan diri dengan baik dalam tim dan budaya perusahaan.

Kesimpulan

HRD BUMN berupaya mengadaptasi teknik rekrutmen yang tidak hanya efektif tetapi juga modern untuk menarik serta mempertahankan bakat terbaik. Dengan kombinasi penggunaan teknologi, strategi inovatif dalam rekrutmen, dan metode evaluasi kandidat yang komprehensif, BUMN diharapkan dapat terus bersaing dalam mencari talenta yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga sejalan dengan nilai dan budaya perusahaan. Dengan demikian, BUMN tidak hanya menjadi pilihan karier yang stabil dan menguntungkan tetapi juga tempat di mana profesional dapat berkembang dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *