Jelaskan Maksud dan Tujuan Pendirian BUMN

Jelaskan Maksud dan Tujuan Pendirian BUMN – Membangun Ekonomi Nasional yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Jelaskan Maksud dan Tujuan Pendirian BUMN – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memegang peran sentral dalam perekonomian Indonesia, menjadi salah satu tiang utama yang menggerakkan roda ekonomi, menciptakan peluang kerja, dan menyuarakan kesejahteraan masyarakat.

Untuk memahami secara menyeluruh esensi BUMN, kita perlu menggali makna serta tujuan mendasar pendiriannya.

Ruang Lingkup dan Maksud Pendirian BUMN

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, BUMN diinisiasi dengan ruang lingkup dan maksud sebagai berikut:

  1. Berperan dalam mengembangkan ekonomi nasional dan mengisi kas negara.

Keberadaan BUMN diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi Indonesia, baik melalui aktivitas bisnisnya maupun melalui sumbangan pajak dan dividen yang disalurkan ke kas negara.

  1. Mengejar profitabilitas yang sehat.

Sebagai entitas bisnis, BUMN dituntut untuk menjalankan operasinya secara profesional dan efisien, menciptakan keuntungan yang adil. Keuntungan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung perluasan usaha, meningkatkan mutu layanan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

  1. Menyediakan layanan publik berkualitas tinggi yang diperlukan oleh banyak orang.

BUMN bertanggung jawab untuk menyediakan produk dan layanan yang diperlukan oleh masyarakat secara umum, dengan kualitas yang unggul dan harga yang terjangkau. Hal ini sejalan dengan semangat demokratisasi ekonomi yang mengedepankan kesejahteraan rakyat.

  1. Menjadi pelopor dalam menggerakkan sektor usaha yang belum terjamah oleh sektor swasta atau koperasi.

BUMN memiliki peran krusial dalam membuka jalan bagi perkembangan sektor-sektor usaha yang belum tergarap oleh sektor swasta atau koperasi. Langkah ini bertujuan untuk mendorong diversifikasi ekonomi serta mengurangi ketergantungan pada sektor tertentu.

  1. Aktif memberikan panduan dan dukungan kepada pelaku usaha kecil, koperasi, dan masyarakat.

BUMN dapat memberikan bimbingan dan bantuan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta koperasi, untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang. Langkah ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan peluang kerja dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Perkembangan Terbaru dalam Ruang Lingkup dan Maksud Pendirian BUMN

Sejalan dengan arus perkembangan zaman dan dinamika ekonomi global, terdapat beberapa perubahan terkini dalam ruang lingkup dan maksud pendirian BUMN, di antaranya:

  1. Memperkuat peran BUMN sebagai agen pembangunan nasional.

BUMN diharapkan memainkan peran aktif dalam mendukung program-program prioritas pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur, peningkatan teknologi, dan peningkatan daya saing bangsa.

  1. Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi BUMN.

BUMN dituntut untuk lebih terbuka dan transparan dalam menjalankan operasinya, untuk menghindari praktik korupsi dan kolusi.

  1. Membangun tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance – GCG).

Penerapan GCG yang efektif di BUMN diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas pengelolaan perusahaan.

  1. Memperkuat sinergi antar BUMN.

BUMN didorong untuk menjalin kerja sama dan sinergi antara satu sama lain, guna mencapai tujuan bersama dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

  1. Pengembangan sumber daya manusia di BUMN.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di BUMN menjadi faktor kunci untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan.

Simpulan

BUMN memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat. Ruang lingkup dan maksud pendirian BUMN telah berkembang sejalan dengan perubahan zaman dan kebutuhan negara.

Dengan terus meningkatkan akuntabilitas, transparansi, tata kelola perusahaan yang baik, serta mengembangkan sumber daya manusia, BUMN diharapkan dapat menjadi pendorong utama pembangunan nasional dan merealisasikan cita-cita bangsa.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” ๐ŸŒŸ

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

๐Ÿ“‹ Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *