Jumlah Soal TKD dan Core Values BUMN - Kenali Tes BUMN!

Jumlah Soal TKD dan Core Values BUMN – Kenali Tes BUMN!

Jebol Tes BUMN: Panduan Lengkap Mengenal TKD dan Core Values AKHLAK

Jumlah Soal TKD dan Core Values BUMN – Merencanakan karier di BUMN bisa jadi pilihan menarik. Selain jaminan gaji dan karier yang stabil, BUMN juga menawarkan peluang untuk membuat kontribusi nyata bagi pembangunan nasional. Namun, untuk lolos ke BUMN tentu perlu melalui serangkaian seleksi, salah satunya yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan tes pemahaman nilai-nilai BUMN yang saat ini disebut Core Values AKHLAK. Bingung dengan format tes ini? Tenang, artikel ini akan membongkar habis tentang TKD dan Core Values AKHLAK BUMN beserta tips menguasainya! Yuk, simak selengkapnya!

Mengenal Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN

TKD merupakan tes awal yang umum dijumpai dalam seleksi BUMN. Fungsinya adalah untuk menilai kemampuan dasar pelamar dalam berbagai bidang, seperti tes numerik, tes verbal, tes logika, dan tes kemampuan analitik. Kemampuan dasar tersebut dianggap penting untuk mendukung pelamar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di BUMN nanti. Mari kita bedah masing-masing jenis tes dalam TKD:

  • Tes Numerik: Biasanya berisi soal-soal matematika dasar seperti perhitungan, persentase, dan deret angka. Kemampuan mengelola data numerik ini dibutuhkan untuk menganalisis laporan keuangan, menetapkan target penjualan, dan membuat keputusan bisnis yang tepat.
  • Tes Verbal: Menguji kemampuan pelamar dalam mengerti dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Tes ini biasanya berupa soal sinonim, antonim, paragraf dengan pertanyaan pemahaman, dan penalaran verbal. Kemampuan verbal yang kuat dibutuhkan untuk berkomunikasi efektif dengan atasan, rekan kerja, dan klien.
  • Tes Logika: Menguji kemampuan pelamar dalam berpikir logis dan analitis. Soal biasanya berupa deret angka atau gambar dengan pola tertentu yang harus dilanjutkan. Kemampuan logika dibutuhkan untuk memecahkan masalah, mengantisipasi kendala, dan menyusun strategi kerja yang efisien.
  • Tes Kemampuan Analitik: Menguji kemampuan pelamar dalam menganalisis informasi dan mengambil keputusan. Soal biasanya berupa data tabel, grafik, atau situasi kerja yang membutuhkan analisa untuk menemukan jawaban tepat. Kemampuan analitik dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja, mengidentifikasi peluang bisnis, dan membuat keputusan yang strategis.

Memahami Core Values AKHLAK BUMN

Selain TKD, pelamar BUMN juga harus memahami dan mencerminkan nilai-nilai BUMN yang saat ini disebut Core Values AKHLAK. AKHLAK merupakan akronim dari:

  • A: Amanah
  • K: Kompeten
  • H: Harmonis
  • L: Loyal
  • A: Adaptif
  • K: Kolaboratif

Core Values AKHLAK merupakan pedoman bagi seluruh karyawan BUMN dalam berperilaku dan bekerja. Nilai-nilai ini diharapkan dapat membangun budaya kerja yang berintegritas, profesional, dan berkinerja tinggi di seluruh BUMN. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing nilai dalam AKHLAK:

  • Amanah: Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan melaksanakan tugas dengan jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab.
  • Kompeten: Memiliki keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan berkualitas tinggi.
  • Harmonis: Menjalin hubungan yang baik dengan atasan, rekan kerja, dan stakeholder lainnya berdasarkan saling menghargai dan menghormati.
  • Loyal: Memiliki rasa cinta dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan dan berusaha memberikan kontribusi terbaik untuk keberhasilan perusahaan.
  • Adaptif: Mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan situasi kerja yang baru dengan cepat dan efektif.
  • Kolaboratif: Mampu bekerja sama dengan tim dengan baik dan berbagi pengetahuan serta pengalaman untuk mencapai tujuan bersama.

Tips Jitu Menaklukkan TKD dan Core Values AKHLAK BUMN

Supaya lebih siap menjalani seleksi BUMN, yuk terapkan beberapa tips berikut:

TKD:

  • Pelajari format dan jenis soal TKD: Carilah contoh-contoh soal TKD BUMN yang pernah diujikan sebelumnya agar Anda familiar dengan format dan jenis soal yang akan dihadapi.
  • Latihan soal TKD: Banyak sumber latihan soal TKD BUMN yang bisa Anda temukan secara online maupun offline. Semakin banyak Anda berlatih, semakin terbiasa Anda dengan waktu dan tingkat kesulitan soal.
  • Tingkatkan kecepatan dan akurasi menjawab soal: Kunci sukses dalam TKD adalah kecepatan dan akurasi menjawab soal. Berlatihlah dengan stopwatch untuk meningkatkan kecepatan Anda dan telitilah dalam menjawab soal agar meminimalisir kesalahan.
  • Kelola waktu dengan baik: TKD memiliki waktu yang terbatas untuk menyelesaikan semua soal. Oleh karenanya, penting untuk membagi waktu dengan baik dan tidak terpaku pada satu soal yang sulit.

Core Values AKHLAK:

  • Pahami nilai-nilai AKHLAK: Pelajari dengan cermat apa itu Core Values AKHLAK dan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Refleksikan diri Anda: Renungkan bagaimana Anda mencerminkan nilai-nilai AKHLAK dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Buatlah contoh konkret tentang pengalaman Anda yang menunjukkan nilai-nilai tersebut.
  • Siapkan cerita dan contoh: Saat tes wawancara atau diskusi kelompok, siaplah untuk menceritakan pengalaman Anda yang mencerminkan nilai-nilai AKHLAK. Contoh yang konkret dan relevan akan membantu Anda meyakinkan pewawancara bahwa Anda memiliki integritas dan sesuai dengan nilai-nilai BUMN.
  • Tunjukkan antusiasme dan komitmen: Tunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan berkomitmen untuk menjalankan nilai-nilai AKHLAK dalam pekerjaan Anda di BUMN. Antusiasme dan komitmen Anda akan memberikan kesan positif kepada pewawancara.

Kesimpulan

Menjadi karyawan BUMN merupakan cita-cita banyak orang. Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, Anda dapat menaklukkan tes TKD dan menunjukkan pemahaman Anda terhadap Core Values AKHLAK. Ingatlah bahwa tes ini bukanlah hanya tentang kemampuan akademik atau pengetahuan teknis, tetapi juga tentang karakter dan nilai-nilai yang Anda pegang.
Tunjukkan bahwa Anda memiliki semangat dan integritas yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari BUMN yang berkinerja tinggi dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *