Jurusan di BUMN - Sesuaikan Jurusanmu dengan Peluangnya!

Jurusan di BUMN – Sesuaikan Jurusanmu dengan Peluangnya!

Fresh Graduate? Yuk, Sesuaikan Jurusanmu dengan Peluang Karier BUMN!

Jurusan di BUMN – Memasuki dunia kerja pasca wisuda adalah momen penting dan menggairahkan bagi para fresh graduate. Berbagai pilihan karier terbentang luas, dan BUMN menjadi salah satu tujuan utama bagi banyak lulusan baru. Reputasi perusahaan mapan, stabilitas kerja, dan jaminan karier jangka panjang menjadi daya tarik utama BUMN. Namun, apakah jurusan kuliah Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan BUMN? Mari kita telusuri bersama jurusan apa saja yang banyak dicari BUMN dan peluang karier menarik yang dapat Anda raih!

Jurusan Sains dan Teknik: Mencetak Insinyur Andal untuk Infrastruktur Negeri

Sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus utama pembangunan di Indonesia. Untuk mewujudkannya, BUMN membutuhkan banyak insinyur berkompeten dari berbagai jurusan sains dan teknik. Berikut ini beberapa jurusan yang banyak dicari BUMN di bidang ini:

  • Teknik Sipil: Lulusan teknik sipil dibutuhkan untuk perencanaan, desain, dan konstruksi berbagai infrastruktur seperti jembatan, jalan raya, bendungan, dan gedung pemerintahan. BUMN seperti PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) sering membuka lowongan untuk lulusan teknik sipil.
  • Teknik Mesin: BUMN di sektor energi seperti PT PLN (Persero) membutuhkan insinyur teknik mesin untuk operasional dan perawatan pembangkit listrik. Selain itu, BUMN di bidang manufaktur seperti PT Pindad (Persero) juga mencari lulusan teknik mesin untuk proses produksi alat pertahanan dan keamanan.
  • Teknik Informatika: Di era digital seperti saat ini, BUMN memerlukan lulusan teknik informatika untuk mengembangkan sistem informasi, aplikasi, dan menerapkan teknologi dalam berbagai bidang operasional perusahaan. PT Telkom Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) adalah contoh BUMN yang banyak membuka lowongan untuk lulusan teknik informatika.
  • Teknik Kimia: Lulusan teknik kimia dapat berkiprah di BUMN seperti PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang minyak dan gas. Keahlian mereka dibutuhkan dalam proses pengolahan minyak mentah dan pengembangan produk turunan minyak bumi.

Jurusan Ekonomi dan Bisnis: Membangun Perekonomian Nasional dengan Keahlian Manajemen

BUMN sebagai penggerak utama perekonomian Indonesia membutuhkan lulusan dengan keahlian manajemen dan bisnis yang kuat. Beberapa jurusan berikut ini banyak dicari BUMN di bidang tersebut:

  • Ekonomi: Lulusan ekonomi dapat berkontribusi dalam analisis kebijakan, perencanaan strategis, dan pengelolaan keuangan di berbagai BUMN. PT Bank Mandiri (Persero) dan PT Telkom Indonesia (Persero) merupakan contoh BUMN yang sering mencari lulusan ekonomi.
  • Manajemen: Keahlian manajemen sangat dibutuhkan BUMN untuk mengelola sumber daya manusia, mengatur operasional perusahaan, dan mencapai tujuan bisnis. PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) adalah contoh BUMN yang membuka lowongan untuk lulusan manajemen.
  • Akuntansi: Keahlian akuntansi sangat penting untuk memastikan kelancaran keuangan BUMN. Lulusan akuntansi dapat bekerja sebagai auditor, analis keuangan, atau staf akuntansi di berbagai BUMN. PT Pertamina (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) adalah contoh BUMN yang membutuhkan lulusan akuntansi.
  • Administrasi Bisnis: Lulusan administrasi bisnis memiliki keahlian yang luas dalam berbagai aspek bisnis, seperti pemasaran, sumber daya manusia, dan operasi. Keahlian ini dibutuhkan BUMN untuk menjalankan berbagai fungsi bisnis secara efektif. PT Telkomsel dan PT Pos Indonesia (Persero) adalah contoh BUMN yang membuka lowongan untuk lulusan administrasi bisnis.

Jurusan Hukum dan Ilmu Sosial: Membangun Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan Berkontribusi pada Kesejahteraan Masyarakat

BUMN tidak hanya membutuhkan keahlian teknis dan bisnis, tetapi juga keahlian hukum dan ilmu sosial untuk membangun tata kelola perusahaan yang baik dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah beberapa jurusan yang banyak dicari BUMN di bidang ini:

  • Hukum: Lulusan hukum dapat bekerja sebagai legal officer, corporate secretary, atau konsultan hukum di BUMN. Keahlian mereka dibutuhkan untuk memastikan BUMN beroperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan menghindari risiko hukum. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT PLN (Persero) adalah contoh BUMN yang membutuhkan lulusan hukum.
  • Ilmu Komunikasi: Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai public relations officer, corporate communication officer, atau media relations officer di BUMN. Keahlian mereka dibutuhkan untuk membangun citra perusahaan, mengelola komunikasi dengan publik, dan membangun hubungan yang baik dengan stakeholders. PT Garuda Indonesia (Persero) dan PT Telkomsel adalah contoh BUMN yang membuka lowongan untuk lulusan ilmu komunikasi.
  • Sosiologi: Lulusan sosiologi dapat bekerja sebagai social researcher, community development officer, atau corporate social responsibility (CSR) officer di BUMN. Keahlian mereka dibutuhkan untuk memahami kebutuhan masyarakat, merancang program CSR yang efektif, dan membangun hubungan yang baik dengan komunitas. PT Pertamina (Persero) dan PT Semen Indonesia (Persero) adalah contoh BUMN yang membutuhkan lulusan sosiologi.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *