Jurusan yang Dicari BUMN - Segera Cek! Apakah Jurusan Anda Termasuk yang Dicari oleh BUMN?

Jurusan yang Dicari BUMN – Segera Cek! Apakah Jurusan Anda Termasuk yang Dicari oleh BUMN?

Jurusan yang Dicari BUMN – Di tengah persaingan ketat di pasar kerja, memilih jurusan yang tepat bisa menjadi kunci penting bagi kesuksesan karir Anda, terutama jika Anda tertarik untuk bekerja di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN dikenal sebagai salah satu pilihan karir yang stabil dengan berbagai fasilitas dan manfaat bagi pegawainya. Namun, tidak semua jurusan memiliki peluang yang sama untuk masuk ke dalam institusi pemerintah ini. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa jurusan yang sering dicari oleh BUMN dan bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri untuk memenuhi kriteria yang mereka cari.

Jurusan yang Dicari oleh BUMN

BUMN di Indonesia terlibat dalam berbagai sektor industri, mulai dari keuangan, energi, hingga infrastruktur. Setiap sektor ini membutuhkan keahlian khusus yang biasanya diperoleh melalui pendidikan formal. Berikut adalah beberapa jurusan yang sering dicari oleh BUMN:

1. Teknik

Jurusan teknik selalu menjadi favorit dalam perekrutan BUMN. Apakah itu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, atau Teknik Industri, lulusan dari jurusan teknik memiliki peran penting dalam proyek-proyek infrastruktur besar dan operasional harian BUMN. Misalnya, PT PLN (Persero) membutuhkan banyak insinyur untuk mengelola dan memelihara jaringan listrik nasional, sementara PT Pertamina (Persero) memerlukan ahli teknik mesin dan kimia untuk operasi kilang minyak.

2. Ekonomi dan Keuangan

Sektor keuangan tidak kalah penting, terutama untuk BUMN yang bergerak di bidang perbankan dan asuransi seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Jurusan seperti Akuntansi, Manajemen Keuangan, dan Studi Pembangunan sering kali dicari untuk mengisi posisi di bidang manajemen keuangan, analisis investasi, dan audit.

3. Hukum

Lulusan jurusan hukum sangat penting bagi BUMN untuk mengelola aspek legalitas dalam semua kegiatan bisnis. BUMN besar seperti PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Antam Tbk membutuhkan tenaga ahli hukum untuk menangani kontrak, litigasi, dan kepatuhan perusahaan.

4. Informatika dan Teknologi Informasi

Di era digital saat ini, kebutuhan akan ahli teknologi informasi semakin meningkat. BUMN seperti PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membutuhkan lulusan dari jurusan Teknologi Informasi, Sistem Informasi, atau Ilmu Komputer untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi yang mendukung operasional bisnis.

5. Agribisnis dan Pertanian

Untuk BUMN yang bergerak di sektor agrikultur seperti PT Perkebunan Nusantara dan PT Petrokimia Gresik, lulusan dari jurusan Pertanian, Teknologi Pertanian, atau Agribisnis sangat dibutuhkan. Mereka berperan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi di sektor pertanian, yang merupakan salah satu tulang punggung ekonomi negara.

6. Kesehatan Masyarakat

BUMN di sektor kesehatan seperti PT Bio Farma (Persero) juga memerlukan tenaga dari jurusan Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan sejenisnya untuk membantu dalam produksi dan distribusi vaksin serta obat-obatan di Indonesia.

Bagaimana Memaksimalkan Peluang Anda?

Mengetahui jurusan yang dicari oleh BUMN adalah langkah pertama. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda saat melamar ke BUMN:

1. Kembangkan Keahlian Spesifik

BUMN cenderung mencari kandidat yang tidak hanya memiliki pendidikan formal, tetapi juga keahlian praktis di bidangnya. Misalnya, jika Anda dari jurusan teknik, memiliki sertifikasi keahlian seperti PMP (Project Management Professional) atau sertifikat operator alat berat bisa menjadi nilai tambah.

2. Lakukan Magang di BUMN

Pengalaman magang di BUMN atau di perusahaan terkait sektor yang diincar bisa memberikan Anda wawasan langsung tentang bagaimana industri tersebut beroperasi dan juga membantu membangun jaringan profesional Anda.

3. Tingkatkan Soft Skills

Di samping hard skills, BUMN juga sangat menghargai kandidat dengan soft skills yang kuat, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan kepemimpinan. Ini penting karena pekerjaan di BUMN sering melibatkan koordinasi dengan banyak pihak.

4. Ikuti Rekrutmen Secara Rutin

Perusahaan BUMN seringkali membuka lowongan di situs resmi mereka atau melalui job fair. Pastikan Anda selalu mengupdate informasi dan siap sedia saat ada peluang perekrutan.

Kesimpulan

Memilih jurusan yang tepat dan mempersiapkan diri dengan baik adalah kunci untuk memasuki dunia kerja di BUMN. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan dan terus mengasah keahlian, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk berkarir di salah satu institusi paling prestisius di Indonesia. Jadi, apakah jurusan Anda termasuk yang dicari oleh BUMN? Jika iya, persiapkan diri Anda dari sekarang. Jika tidak, jangan khawatir, selalu ada kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keahlian di bidang yang Anda minati. Semoga sukses!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *