Kenapa BUMN Tdak Sponsor Formula E – Fakta Dibalik Absennya BUMN Sebagai Sponsor Formula E

Kenapa BUMN Tidak Sponsor Formula E – Pada era globalisasi dan kompetisi bisnis yang ketat, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia, terus mencari cara untuk meningkatkan brand awareness dan reputasi korporat mereka melalui berbagai metode, salah satunya adalah sponsorship. Namun, tidak semua ajang besar mendapat dukungan dari setiap BUMN. Contoh yang menarik adalah absennya BUMN sebagai sponsor dalam event balap mobil Formula E yang diadakan di Jakarta pada tahun 2022. Kegiatan ini mengundang pertanyaan: mengapa BUMN tidak terlibat sebagai sponsor di ajang prestisius seperti Formula E? Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai aspek yang mungkin menyebabkan fenomena ini.

Pengertian Sponsorship dalam Konteks BUMN

Sponsorship adalah suatu bentuk pemasaran di mana sebuah perusahaan memberikan dukungan finansial atau sumber daya lainnya untuk sebuah event, individu, atau organisasi, biasanya dalam tukar-menukar kesempatan untuk mempromosikan merek dan meningkatkan visibilitas perusahaan. Bagi BUMN, kegiatan sponsorship tidak hanya soal pemasaran, tapi juga seringkali terkait dengan tanggung jawab sosial korporasi (CSR) dan strategi pembangunan brand jangka panjang.

Kenapa BUMN Tidak Sponsor Formula E

1. Pertimbangan Biaya versus Manfaat

Salah satu alasan utama yang mungkin menjelaskan kenapa BUMN tidak terlibat sebagai sponsor Formula E adalah pertimbangan cost-benefit (biaya versus manfaat). Biaya untuk menjadi sponsor sebuah event besar seperti Formula E sangatlah tinggi. BUMN mungkin menilai bahwa penggunaan dana tersebut tidak sebanding dengan manfaat pemasaran yang akan diperoleh. Terutama jika dibandingkan dengan alternatif lain yang mungkin lebih efektif dalam mencapai target audiens domestik mereka.

2. Kesesuaian dengan Misi dan Visi Perusahaan

BUMN memiliki misi dan visi yang kuat terkait dengan pembangunan nasional dan penyediaan barang serta jasa yang essensial bagi masyarakat Indonesia. Mereka mungkin menilai bahwa berinvestasi dalam teknologi hijau dan proyek yang secara langsung berdampak pada kehidupan masyarakat lebih sejalan dengan misi korporat mereka daripada sponsorship event balap mobil.

3. Preferensi untuk Sponsorship Lokal

BUMN sering kali lebih memilih untuk mendukung kegiatan dan event yang lebih lokal, yang memiliki dampak langsung pada komunitas lokal dan pasar dalam negeri. Dengan fokus pada penguatan ekonomi lokal, BUMN mungkin lebih memilih untuk mengalokasikan sumber daya mereka ke inisiatif yang lebih dekat dengan basis operasi dan kepentingan strategis mereka.

4. Kritik Publik dan Tanggung Jawab Sosial

Keterlibatan dalam event internasional seperti Formula E bisa menarik kritik publik. Terutama jika terlihat sebagai penggunaan dana publik untuk kegiatan yang tidak langsung berdampak pada kebanyakan masyarakat. BUMN yang menggunakan dana negara di bawah pengawasan ketat dari pemerintah dan publik harus sangat hati-hati dalam membuat keputusan tentang pengeluaran besar yang dapat dilihat sebagai kurang bertanggung jawab secara sosial.

5. Evaluasi ROI

Return on Investment (ROI) adalah pertimbangan penting dalam setiap kegiatan pemasaran. Jika evaluasi ROI dari sponsorship Formula E tidak menunjukkan hasil yang positif atau signifikan, BUMN mungkin memutuskan bahwa investasi tersebut tidak layak.

Potensi Dampak Jangka Panjang dari Keputusan Ini

Keputusan untuk tidak terlibat sebagai sponsor di Formula E bisa memiliki beberapa dampak jangka panjang bagi BUMN, baik positif maupun negatif. Di satu sisi, mereka mungkin menghemat sumber daya yang bisa dialokasikan untuk proyek lain yang lebih sejalan dengan tujuan korporat. Di sisi lain, BUMN mungkin kehilangan kesempatan untuk membangun brand di panggung internasional dan menarik investor atau mitra bisnis global.

Kesimpulan

Kenapa BUMN Tidak Sponsor Formula E. Absennya BUMN dari daftar sponsor Formula E tidak harus dilihat sebagai indikasi tidak adanya inisiatif atau inovasi. Sebaliknya, hal ini menunjukkan pendekatan yang dipertimbangkan dengan matang dalam penggunaan dana dan sumber daya. BUMN Indonesia terus mencari cara terbaik untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia, dengan mempertimbangkan secara cermat setiap peluang yang ada untuk memastikan bahwa setiap investasi memberikan nilai tambah maksimal untuk masyarakat dan negara.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *