Learning Agility BUMN - Tak Disangka! Learning Agility Ternyata Jadi Kunci Sukses BUMN!

Learning Agility BUMN – Tak Disangka! Learning Agility Ternyata Jadi Kunci Sukses BUMN!

Learning Agility BUMN - Tak Disangka! Learning Agility Ternyata Jadi Kunci Sukses BUMN!

Learning Agility BUMN – Di era disrupsi saat ini, kelincahan belajar atau Learning Agility telah menjadi kunci sukses bagi individu maupun organisasi. Tak terkecuali bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dihadapkan pada berbagai perubahan dinamis dan kompleks.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang Learning Agility BUMN, mulai dari definisi dan pentingnya, contoh implementasi sukses, peran kepemimpinan, manfaat bagi BUMN, hingga strategi peningkatannya.

Definisi dan Pentingnya Learning Agility

Learning Agility adalah kemampuan individu atau organisasi untuk belajar, beradaptasi, dan berkembang dengan cepat dalam menghadapi perubahan. Kemampuan ini mencakup beberapa aspek, seperti:

  • Kemampuan untuk cepat belajar dari pengalaman baru
  • Kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang berubah
  • Kemampuan untuk menerapkan pembelajaran baru ke dalam pekerjaan
  • Kemampuan untuk terus berkembang dan meningkatkan diri
Learning Agility BUMN - Tak Disangka! Learning Agility Ternyata Jadi Kunci Sukses BUMN!

Learning Agility menjadi semakin penting bagi BUMN di era disrupsi ini karena beberapa alasan:

  • Perubahan yang cepat dan kompleks: Industri terus berkembang dengan pesat, dan BUMN harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi, regulasi, dan tren pasar.
  • Meningkatnya persaingan: BUMN tidak hanya bersaing dengan perusahaan domestik, tetapi juga dengan perusahaan multinasional.
  • Kebutuhan untuk berinovasi: BUMN harus terus berinovasi untuk menciptakan produk dan layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Contoh Implementasi Sukses

Beberapa BUMN telah berhasil menerapkan Learning Agility dengan sukses dan menuai hasil positif. Berikut beberapa contohnya:

  • PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom): Telkom telah menerapkan berbagai program untuk meningkatkan Learning Agility karyawannya, seperti program pelatihan dan pengembangan, program mentoring, dan program rotasi kerja. Hasilnya, Telkom mampu bertransformasi menjadi perusahaan digital terdepan di Indonesia.
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI): BRI telah membangun budaya belajar di seluruh perusahaannya. Karyawan BRI didorong untuk terus belajar dan mengembangkan diri, baik melalui pelatihan formal maupun informal. Hasilnya, BRI mampu meningkatkan kinerja dan profitabilitasnya.
  • PT Pertamina (Persero): Pertamina telah menerapkan program “Pertamina University” untuk meningkatkan Learning Agility karyawannya. Program ini menyediakan berbagai pelatihan dan pengembangan bagi karyawan Pertamina di semua tingkatan. Hasilnya, Pertamina mampu meningkatkan kompetensi karyawannya dan menjadi perusahaan energi terkemuka di Indonesia.

Peran Kepemimpinan dalam Learning Agility

Pemimpin BUMN memainkan peran penting dalam mendorong Learning Agility di organisasi mereka. Pemimpin yang efektif harus:

  • Menciptakan budaya belajar: Pemimpin harus menciptakan budaya belajar di mana karyawan didorong untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
  • Memberikan kesempatan belajar: Pemimpin harus menyediakan berbagai kesempatan belajar bagi karyawannya, seperti program pelatihan dan pengembangan, program mentoring, dan program rotasi kerja.
  • Memberikan contoh: Pemimpin harus menjadi contoh bagi karyawannya dengan menunjukkan sikap yang selalu ingin belajar dan berkembang.

Manfaat Learning Agility bagi BUMN

Learning Agility memberikan banyak manfaat bagi BUMN, antara lain:

  • Meningkatkan kinerja: Karyawan yang memiliki Learning Agility yang tinggi lebih mampu beradaptasi dengan perubahan dan menyelesaikan masalah secara efektif. Hal ini dapat meningkatkan kinerja individu dan organisasi secara keseluruhan.
  • Meningkatkan inovasi: Learning Agility mendorong karyawan untuk terus belajar dan mencari ide-ide baru. Hal ini dapat meningkatkan inovasi dan membantu BUMN untuk menciptakan produk dan layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Meningkatkan daya saing: BUMN yang memiliki karyawan dengan Learning Agility yang tinggi akan lebih mampu bersaing dengan perusahaan lain di era disrupsi ini.
  • Meningkatkan retensi karyawan: Karyawan yang merasa didorong untuk belajar dan berkembang lebih cenderung untuk tinggal di perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan retensi karyawan dan menghemat biaya rekrutmen dan pelatihan.

Strategi Meningkatkan Learning Agility

BUMN dapat meningkatkan Learning Agility dengan menerapkan beberapa strategi berikut:

  • Membangun budaya belajar: Ciptakan budaya belajar di mana karyawan didorong untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
  • Memberikan kesempatan belajar: Sediakan berbagai kesempatan belajar bagi karyawan, seperti program pelatihan dan pengembangan, program mentoring, dan program rotasi kerja.
  • Mengembangkan program kepemimpinan: Kembangkan program kepemimpinan yang fokus pada pengembangan Learning Agility.
  • Menggunakan teknologi: Gunakan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran, seperti e-learning dan platform pembelajaran online.
  • Mengukur dan memantau kemajuan: Ukur dan pantau kemajuan Learning Agility di organisasi secara berkala.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *