Materi BUMN dan BUMD

Materi BUMN dan BUMD – Membedakan BUMN dan BUMD: Penggerak Ekonomi dari Pusat dan Daerah

Materi BUMN dan BUMD – Pernahkah Anda bingung membedakan BUMN dan BUMD? Wajar saja, keduanya sama-sama bernaung di bawah pemerintah. Namun, tahukah Anda bahwa keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam hal kepemilikan dan fokus operasional? Yuk, simak artikel ini untuk mengenal lebih jauh tentang BUMN dan BUMD beserta fakta menariknya!

Mengenal BUMN: Raksasa Ekonomi Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang sebagian besar modalnya dipegang oleh pemerintah pusat. Modal ini berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN dapat berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau Perusahaan Umum (Perum).

Tahukah Anda, BUMN pertama di Indonesia didirikan pada zaman kolonial Belanda, yaitu Nederlandsch-Indische Gas Maatschappij (NIGM) pada tahun 1859. Perusahaan ini kemudian dinasionalisasi menjadi Perusahaan Gas Negara (PGN) pasca kemerdekaan Indonesia.

BUMN memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Faktanya, BUMN menguasai berbagai sektor strategis, seperti energi (Pertamina untuk minyak dan gas, PLN untuk listrik), perbankan (Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri), telekomunikasi (Telkom Indonesia), dan transportasi (PT Kereta Api Indonesia (KAI), Garuda Indonesia).

Selain mengejar keuntungan, BUMN juga memiliki tujuan sosial. BUMN berperan dalam menyediakan barang dan jasa kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau. Contohnya, Pertamina yang menyalurkan BBM bersubsidi atau PLN yang menyediakan listrik dengan tarif khusus untuk masyarakat tidak mampu.

BUMD: Lokomotif Pembangunan Daerah

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. BUMD dapat berbentuk Perusahaan Umum Daerah (Perumda) atau Perseroan Daerah.

Berbeda dengan BUMN yang cakupannya nasional, BUMD berfokus pada pelayanan masyarakat di wilayah operasinya. Contohnya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang menyediakan air bersih untuk warga daerah atau Perusahaan Daerah Transportasi (PD Trans) yang melayani angkutan umum perkotaan.

Fakta menarik, salah satu BUMD tertua di Indonesia adalah PDAM Surabaya yang berdiri sejak tahun 1877. Perusahaan ini awalnya bernama “Maatschappij tot Exploitatie van het Waterleiding te Soerabaja” pada masa penjajahan Belanda.

BUMD juga dapat berperan sebagai motor penggerak pembangunan daerah. BUMD bisa dilibatkan dalam pengelolaan sumber daya alam daerah, pembangunan infrastruktur, atau pengembangan pariwisata. Dengan pengelolaan yang baik, BUMD dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang nantinya digunakan untuk pembangunan daerah tersebut.

Persamaan dan Perbedaan BUMN dan BUMD

Meskipun memiliki peran strategis masing-masing, BUMN dan BUMD memiliki persamaan dan perbedaan mendasar.

Persamaan:

– Keduanya sama-sama didirikan oleh pemerintah untuk kepentingan masyarakat.

– Keduanya bisa berbentuk perusahaan atau perum.

– Sama-sama dituntut untuk profesional dan menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Perbedaan:

– BUMN dan BUMN memiliki perbedaan kepemilikan, fokus operasional, dan tujuan utama.

– Kepemilikan: BUMN dimiliki oleh pemerintah pusat, sedangkan BUMD dimiliki oleh pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota).

– Fokus Operasional: BUMN berfokus pada skala nasional, sedangkan BUMD fokus pada wilayah daerah tempat mereka beroperasi.

– Tujuan Utama: BUMN memiliki tujuan ganda, yaitu mengejar keuntungan dan melayani kepentingan publik. Sementara BUMD lebih mengedepankan pelayanan publik dan peningkatan PAD.

Contoh perusahaan BUMN adalah Pertamina, PLN, dan Telkom Indonesia. Sementara contoh BUMD adalah PDAM, PD Trans, dan BUMD Pariwisata.

Menutup: Sinergi BUMN dan BUMD untuk Indonesia Maju

BUMN dan BUMD ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan bersinergi untuk kemajuan ekonomi Indonesia. BUMN sebagai lokomotif ekonomi nasional dapat berkolaborasi dengan BUMD untuk pemerataan pembangunan daerah.

Dengan pengelolaan yang profesional dan mengedepankan kepentingan masyarakat, BUMN dan BUMD diharapkan dapat terus berkontribusi menjadikan Indonesia negara yang maju dan sejahtera.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *