Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa

Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa – Maksimalkan Pengadaan Barang dan Jasa BUMN

Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa – Pengadaan barang dan jasa merupakan aspek kritis dalam keberlangsungan operasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk mengoptimalkan proses ini, Pemerintah Indonesia menerbitkan Peraturan Menteri BUMN Pengadaan Barang dan Jasa, yang disingkat sebagai Permen BUMN. Peraturan ini, yang diterbitkan pada tahun 2019 dengan nomor PER-08/MBU/12/2019, membawa sejumlah prinsip, kebijakan, dan pedoman umum yang dirancang untuk menciptakan lingkungan pengadaan yang lebih kompetitif, transparan, dan akuntabel.

Peraturan Menteri BUMN Pengadaan Barang dan Jasa

Untuk peraturan ini mencakup beragam aspek yang melibatkan proses pengadaan barang dan jasa oleh BUMN. Salah satu fokus utamanya adalah mengatur penggunaan produk dalam negeri, memberikan preferensi harga, mengelola pengadaan jangka panjang, menangani penunjukan langsung, menyusun mekanisme sanggahan, dan mengatur pengadaan untuk BUMN terbuka, anak perusahaan, serta perusahaan terafiliasi BUMN.

Menggantikan Peraturan Menteri Negara BUMN sebelumnya (PER-05/MBU/2008), Permen BUMN menciptakan kerangka kerja yang lebih modern dan responsif terhadap dinamika pasar. Seiring dengan perubahan zaman, regulasi ini menjadi landasan bagi pengadaan barang dan jasa BUMN, memberikan arah yang lebih jelas dan relevan.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan utama dari Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa adalah menciptakan proses pengadaan yang lebih kompetitif, transparan, dan akuntabel. Melalui regulasi ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan iklim usaha yang sehat pada BUMN, mendukung pencapaian tujuan pendirian BUMN sebagai agen penciptaan nilai, serta menjadikan BUMN sebagai agen pembangunan yang berkontribusi secara signifikan pada pembangunan nasional.

Manfaatnya tidak hanya terbatas pada efisiensi proses, tetapi juga melibatkan peningkatan kualitas barang dan jasa yang diperoleh oleh BUMN. Dengan mendorong kompetisi yang sehat, peraturan ini diharapkan dapat merangsang inovasi dan peningkatan produktivitas, memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi negara.

Ketentuan Utama

Salah satu poin utama yang diatur dalam Permen BUMN adalah penggunaan produk dalam negeri. Regulasi ini menekankan pentingnya mendukung produk-produk lokal, sejalan dengan semangat pemulihan ekonomi dalam negeri. Dalam hal ini, BUMN diharapkan dapat menjadi pendorong utama bagi perkembangan industri domestik, menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif, serta meningkatkan daya saing produk-produk lokal di pasar global.

Pengadaan jangka panjang juga menjadi fokus peraturan ini. Dengan adanya ketentuan yang mengatur proses pengadaan dalam jangka waktu yang lebih luas, diharapkan BUMN dapat merencanakan kebutuhan mereka secara lebih terstruktur, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan memberikan kepastian kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengadaan.

Penunjukan langsung adalah aspek lain yang diatur dengan jelas dalam Permen BUMN. Meskipun diizinkan, penunjukan langsung harus memenuhi kriteria tertentu dan dilakukan dengan itikad baik.

Sanggahan dan Keberlanjutan

Peraturan ini juga memberikan kerangka kerja untuk proses sanggahan. Ketika ada ketidakpuasan atau ketidaksetujuan terhadap hasil pengadaan, pihak yang merasa dirugikan dapat mengajukan sanggahan.

Untuk BUMN terbuka, anak perusahaan, dan perusahaan terafiliasi BUMN, Permen BUMN memberikan pedoman yang jelas untuk pengadaan barang dan jasa.

Peran Undang-Undang dan Regulasi Terkait

Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa tidak berdiri sendiri; ia mengacu pada beberapa undang-undang dan peraturan pemerintah terkait. Sebagai bagian integral dari kerangka regulasi BUMN, peraturan ini memastikan keselarasan dengan prinsip-prinsip hukum yang lebih luas, menegaskan kedudukan BUMN dalam sistem ekonomi nasional.

Dalam konteks ini, peraturan ini bukan hanya instrumen yang mengatur pengadaan, tetapi juga merupakan satu bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan tata kelola perusahaan negara dan menjaga kepatuhan terhadap norma-norma hukum yang berlaku.

Kesimpulan

Permen BUMN Pengadaan Barang dan Jasa mewakili langkah maju dalam meningkatkan tata kelola pengadaan barang dan jasa di BUMN. Dengan menetapkan standar yang lebih tinggi, pemerintah berusaha menciptakan lingkungan usaha yang sehat dan mendukung perkembangan ekonomi nasional.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” šŸŒŸ

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

šŸ“‹ Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *