Satpam BUMN - Cek Sekarang! Syarat dan Kualifikasi untuk Menjadi Satpam BUMN

Satpam BUMN – Cek Sekarang! Syarat dan Kualifikasi untuk Menjadi Satpam BUMN

Satpam BUMN – Bagi banyak orang, menjadi seorang satpam di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan sebuah karir yang penuh dengan kebanggaan dan tanggung jawab. Bukan hanya sekadar menjaga keamanan aset dan lingkungan kerja, satpam BUMN juga berperan dalam memastikan kelancaran operasional perusahaan dan keamanan para pegawai. Jika Anda tertarik untuk mengambil peran ini, penting untuk mengetahui apa saja syarat dan kualifikasi yang diperlukan.

Pengertian Satpam BUMN

Satpam (Security) BUMN adalah individu yang bertugas untuk melindungi, menjaga, dan memastikan keamanan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Tugas ini meliputi pengawasan terhadap akses masuk dan keluar, pengamanan terhadap aset perusahaan, serta pencegahan terhadap tindakan yang dapat mengancam keamanan internal perusahaan.

Syarat Umum Menjadi Satpam BUMN

Sebelum kita masuk ke dalam kualifikasi khusus, ada beberapa syarat umum yang biasanya harus dipenuhi oleh calon satpam BUMN, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Hal ini merupakan prasyarat dasar dalam hampir semua penerimaan pekerja di BUMN.
  2. Usia: Kebanyakan BUMN membutuhkan calon satpam yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Pendidikan: Minimal lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beberapa posisi mungkin membutuhkan latar belakang pendidikan atau pelatihan khusus keamanan.
  4. Kesehatan: Calon harus sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter.
  5. Tidak memiliki catatan kriminal: Ini dibuktikan dengan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.
  6. Tinggi dan berat badan proporsional: Beberapa BUMN memiliki persyaratan khusus mengenai tinggi badan minimal, yang umumnya sekitar 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.

Kualifikasi Khusus dan Kemampuan yang Dibutuhkan

Menjadi satpam BUMN lebih dari sekadar memenuhi syarat fisik dan administratif. Berikut adalah beberapa kualifikasi khusus dan kemampuan yang umumnya diperlukan:

  1. Kemampuan Fisik: Satpam seringkali dituntut untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kekuatan fisik, seperti berpatroli di area luas, mengangkat benda berat, atau bahkan mengendalikan situasi keamanan yang memerlukan intervensi fisik.
  2. Ketrampilan Komunikasi: Satpam harus mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, karena mereka adalah salah satu wajah perusahaan di mata publik dan sering kali harus berinteraksi dengan berbagai pihak.
  3. Pelatihan Keamanan: Meskipun bukan selalu syarat wajib, memiliki sertifikasi pelatihan keamanan seperti Gada Pratama atau Gada Madya bisa menjadi nilai tambah.
  4. Kemampuan Mengatasi Situasi Darurat: Satpam harus dapat bertindak cepat dan efektif dalam situasi darurat, termasuk kebakaran, pencurian, atau ancaman keamanan lainnya.
  5. Integritas dan Etika Kerja yang Tinggi: Sebagai penjaga keamanan aset negara, integritas adalah mutlak. Satpam harus dapat dipercaya dan menjunjung tinggi etika kerja.

Proses Seleksi

Proses seleksi untuk menjadi satpam di BUMN biasanya meliputi beberapa tahapan, yaitu:

  1. Seleksi Administratif: Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan memastikan semua syarat umum terpenuhi.
  2. Tes Fisik: Meliputi tes kekuatan, ketahanan, dan kadang-kadang juga tes keterampilan bela diri.
  3. Tes Psikologi: Untuk mengukur kestabilan emosi dan kesiapan mental calon satpam dalam menghadapi tekanan kerja.
  4. Wawancara: Biasanya dilakukan oleh panel dari HRD dan divisi keamanan BUMN untuk menilai motivasi, kecakapan komunikasi, dan kesesuaian calon dengan budaya perusahaan.
  5. Pelatihan Dasar: Calon yang lolos seleksi akan menjalani pelatihan dasar keamanan, yang dimana mereka akan diberikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya secara profesional.

Menyiapkan Diri untuk Seleksi

Persiapan adalah kunci untuk berhasil dalam seleksi satpam BUMN. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Menjaga Kondisi Fisik: Rutin berolahraga untuk memastikan Anda dalam kondisi fisik terbaik.
  • Memperdalam Pengetahuan tentang Keamanan: Mengikuti kursus atau pelatihan keamanan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Anda di mata perekrut.
  • Latihan Komunikasi: Baik itu melalui kursus, klub debat, atau kegiatan sosial lain, mengasah kemampuan komunikasi Anda akan sangat berguna.
  • Mental Persiapan: Menghadapi tes psikologi dan wawancara bisa menegangkan, jadi penting untuk mempersiapkan diri secara mental.

Menjadi satpam di BUMN adalah pilihan karir yang membanggakan dan penuh tantangan. Dengan persiapan yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang apa yang diperlukan, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam seleksi dan menjalani karir yang stabil dan memuaskan di lingkungan BUMN. Mulailah persiapan Anda sekarang dan siapkan diri untuk mengambil langkah besar dalam karir keamanan Anda!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *