Sebutkan 3 Tujuan BUMN

Sebutkan 3 Tujuan BUMN – 3 Tujuan BUMN ini Perlu Kamu Ketahui!

Sebutkan 3 Tujuan BUMN – Tahukah Anda, di balik produk dan layanan sehari-hari yang kita gunakan, ada peran penting Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Berbeda dengan perusahaan swasta yang fokus utama pada keuntungan, BUMN memiliki tiga tujuan utama yang saling terkait, yaitu:

1. Menjadi Penggerak Ekonomi Nasional

Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan pendorong untuk memajukan perekonomian. Di sinilah BUMN berperan sebagai lokomotif.

Menyetorkan Pendapatan Negara: BUMN diwajibkan untuk menyetorkan sebagian keuntungannya ke kas negara. Dana ini kemudian digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, sehingga bermanfaat bagi seluruh rakyat. Tahukah Anda, pada tahun 2022 saja, BUMN menyumbang sekitar Rp447 triliun ke negara [sumber: Kementerian BUMN]. Bayangkan, jumlah tersebut bisa digunakan untuk membangun ribuan sekolah atau rumah sakit baru!

Menguasai Sektor Strategis: Sumber daya alam Indonesia yang melimpah dikelola oleh BUMN di berbagai sektor strategis seperti energi, pertambangan, dan telekomunikasi. Ini bertujuan untuk memastikan pengelolaan sumber daya alam yang optimal demi kepentingan nasional. Sebagai contoh, PT Pertamina sebagai BUMN migas, memiliki tanggung jawab untuk menyediakan dan menjaga keamanan pasokan energi nasional.

Pelopor Bisnis Inovatif: Tak hanya mengelola sektor yang sudah ada, BUMN juga bisa menjadi pelopor dalam merintis bisnis-bisnis inovatif. Mereka memiliki kemampuan untuk mengambil risiko yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan swasta. Contohnya, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang tak hanya menyediakan layanan telepon dan internet, tetapi juga merambah bisnis layanan keuangan digital seperti LinkAja. Hal ini mendorong pertumbuhan sektor digital Indonesia dan meningkatkan inklusi keuangan masyarakat.

2. Mengejar Keuntungan secara sehat

Meski mengejar keuntungan bukan tujuan utama, BUMN tetap harus dikelola secara profesional layaknya perusahaan bisnis. Keuntungan yang diraih tidak hanya untuk menambah kas negara, tetapi juga untuk berinvestasi mengembangkan perusahaan dan meningkatkan kualitas layanan.

Efisiensi dan Efektivitas: BUMN dituntut untuk beroperasi secara efisien dan efektif. Dengan demikian, biaya produksi bisa ditekan dan harga jual produk atau jasa menjadi lebih kompetitif. Hal ini menguntungkan masyarakat karena daya beli meningkat. Selain itu, efisiensi juga membuat BUMN memiliki daya saing yang lebih baik di pasar global.

Investasi untuk Masa Depan: Keuntungan yang diperoleh BUMN juga digunakan untuk berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur, teknologi, dan sumber daya manusia. Investasi ini penting untuk memastikan BUMN bisa terus adaptif dan relevan di tengah perubahan zaman. Sebagai contoh, PLN terus berinvestasi dalam pembangunan pembangkit listrik baru dan jaringan listrik agar bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang terus meningkat.

Menciptakan Lapangan Kerja: Keberadaan BUMN menyerap banyak tenaga kerja. Pada tahun 2022 saja, BUMN tercatat mempekerjakan sekitar 4,2 juta orang [sumber: Kementerian BUMN]. Ini memberikan dampak positif terhadap pengurangan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Melayani Kebutuhan Publik

Selain mengejar keuntungan, BUMN juga memiliki tujuan sosial, yaitu menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.

Menjamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok: BUMN berperan penting dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat seperti listrik, air bersih, dan transportasi umum. Contohnya, Perum BULOG memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas harga beras nasional. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang stabil.

Menjangkau Pelosok Negeri: BUMN didorong untuk melayani masyarakat hingga ke pelosok negeri, termasuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Hal ini untuk memastikan pemerataan pembangunan dan agar masyarakat di daerah tersebut juga bisa menikmati produk dan layanan berkualitas. Sebagai contoh, PT Pos Indonesia tetap melayani pengiriman barang dan surat hingga ke pelosok desa.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: Melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), BUMN berkontribusi dalam pembangunan sosial dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bentuk kontribusi ini bisa berupa bantuan pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, keberadaan BUMN tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga memberikan dampak positif secara sosial.

Dengan ketiga tujuan tersebut, BUMN diharapkan bisa menjadi motor penggerak ekonomi nasional yang handal, sekaligus melayani kebutuhan masyarakat secara luas.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *