SKCK BUMN Polsek atau Polres - Inilah Yang Anda Butuhkan Untuk Membuat SKCK di Polsek atau Polres untuk BUMN

SKCK BUMN Polsek atau Polres – Inilah Yang Anda Butuhkan Untuk Membuat SKCK di Polsek atau Polres untuk BUMN

SKCK BUMN Polsek atau Polres – Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah dokumen yang sangat penting dan sering menjadi syarat wajib dalam proses lamaran pekerjaan, khususnya pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia. SKCK ini berfungsi sebagai bukti bahwa calon karyawan tidak memiliki catatan kriminal yang dapat menghambat proses perekrutan. Proses mendapatkan SKCK ini bisa dilakukan di kantor kepolisian setempat, baik itu Polsek atau Polres. Artikel ini akan membahas secara rinci apa saja yang Anda butuhkan untuk membuat SKCK, prosedur yang harus diikuti, dan beberapa tips yang dapat membantu memperlancar proses pembuatannya.

Persyaratan Dokumen untuk Membuat SKCK

Untuk membuat SKCK, Anda akan membutuhkan beberapa dokumen penting yang harus disiapkan. Berikut adalah daftar dokumen yang dibutuhkan:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP): KTP asli dan fotokopi yang masih berlaku diperlukan untuk verifikasi identitas Anda.
  2. Kartu Keluarga (KK): Sama seperti KTP, KK asli beserta fotokopinya juga perlu disertakan untuk menunjukkan data kependudukan.
  3. Pasfoto Terbaru: Umumnya, dibutuhkan pasfoto dengan background berwarna merah. Ukuran dan jumlah pasfoto yang dibutuhkan bisa berbeda-beda di tiap Polsek atau Polres, namun umumnya adalah 4×6 sebanyak 6 lembar.
  4. Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir: Ini untuk membuktikan tempat dan tanggal lahir, membantu kepolisian melakukan cross-check data.
  5. Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan/Desa: Surat pengantar ini berfungsi sebagai bukti bahwa Anda merupakan penduduk yang berdomisili di area tersebut dan tidak memiliki masalah dengan lingkungan.
  6. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan dari Lembaga Pendidikan (jika masih belajar): Ini opsional, tergantung permintaan dari institusi yang membutuhkan SKCK.
  7. Biaya Pembuatan: Ada biaya administratif yang harus dibayar saat pembuatan SKCK. Jumlahnya berbeda-beda di tiap wilayah, jadi sebaiknya Anda menyiapkan uang secukupnya.

Proses Pembuatan SKCK

Setelah dokumen-dokumen lengkap, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat SKCK di Polsek atau Polres:

  1. Pengajuan Surat Pengantar: Langkah pertama adalah mendapatkan surat pengantar dari RT/RW, yang kemudian harus dilegalisir di Kelurahan atau Kepala Desa. Ini adalah prosedur standar untuk setiap pengurusan dokumen resmi di Indonesia.
  2. Mengunjungi Polsek atau Polres: Dengan membawa semua dokumen yang telah disiapkan, kunjungi Polsek atau Polres terdekat. Pastikan Anda tiba di sana pada jam kerja.
  3. Mengisi Formulir: Di Polsek atau Polres, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir permohonan SKCK. Isilah dengan teliti agar tidak ada kesalahan yang bisa memperlambat proses.
  4. Menyerahkan Dokumen: Serahkan semua dokumen yang diminta kepada petugas, termasuk biaya administrasi yang diperlukan.
  5. Menunggu Proses Verifikasi: Petugas kepolisian akan melakukan verifikasi data dan cek latar belakang. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari.
  6. Pengambilan SKCK: Anda akan diberitahu kapan SKCK Anda siap untuk diambil. Saat pengambilan, periksa lagi semua data untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Tips Agar Proses Pembuatan SKCK Lancar

  • Datang Pagi: Usahakan untuk datang ke Polsek atau Polres lebih pagi agar Anda tidak perlu mengantre terlalu lama.
  • Periksa Kelengkapan Dokumen: Sebelum berangkat, double-check dokumen Anda untuk memastikan semuanya lengkap.
  • Tanyakan Segala Kekurangan: Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas jika ada hal yang belum Anda mengerti atau jika ada kekurangan dalam dokumen yang Anda bawa.
  • Patuhi Prosedur Kesehatan: Mengingat situasi pandemi, pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Polsek atau Polres, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Membuat SKCK memang membutuhkan sedikit usaha dan waktu, tetapi dengan persiapan yang matang, prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Dokumen ini sangat penting terutama jika Anda ingin melamar pekerjaan di BUMN, sehingga segala usaha yang dilakukan pasti akan terbayar dengan mendapatkan peluang karir yang lebih baik. Selamat mengurus SKCK, dan semoga sukses dengan lamaran kerja Anda!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *