Telkom BUMN atau BUMS

Telkom BUMN atau BUMS – Raksasa Telekomunikasi Indonesia yang Berstatus BUMN

Telkom BUMN atau BUMS – Pernahkah Anda bertanya-tanya, sebenarnya Telkom itu BUMN atau BUMS? Jawabannya jelas, Telkom adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indonesia. Mari kita kupas lebih dalam tentang perusahaan plat merah kebanggaan Indonesia ini!

Jejak Telkom: Dari PO Telegrap & Telefoon hingga Raksasa Telekomunikasi

Sejarah Telkom berawal dari pembentukan NV Nederlandsch-Indische Post-, Telegraaf- en Telefoondienst (PTT) pada tahun 1882. Perusahaan ini bertugas menyediakan layanan pos, telegraf, dan telepon di Hindia Belanda (sebutan Indonesia masa penjajahan). Setelah Indonesia merdeka, PTT diubah menjadi Perusahaan Negara Pos, Telegrap dan Telepon (PN Postel) pada tahun 1961.

Seiring perkembangan zaman, PN Postel dipecah menjadi dua entitas terpisah pada tahun 1991. PT Pos Indonesia menangani layanan pos, sedangkan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), yang lebih dikenal dengan Telkom, fokus pada bidang telekomunikasi.

Status BUMN dan Kepemilikan Saham Telkom

Telkom dikategorikan sebagai BUMN karena sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia. Saat ini, porsi kepemilikan saham Telkom terbagi menjadi dua, yaitu:

– Pemerintah Republik Indonesia: 52,09%

– Publik: 47,91%

Meskipun mayoritas saham dikuasai pemerintah, Telkom tetap beroperasi layaknya perusahaan publik. Saham Telkom sendiri dapat diperdagangkan di dua bursa saham bergengsi, yakni Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TLKM dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham TLK.

Peran Strategis Telkom untuk Indonesia

Sebagai BUMN, Telkom memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, khususnya di sektor TIK. Berikut beberapa kontribusi Telkom untuk Indonesia:

– Membangun Infrastruktur Telekomunikasi: Telkom menjadi pemain utama dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia. Hal ini berperan penting dalam meningkatkan konektivitas dan akses internet bagi masyarakat.

– Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital: Infrastruktur yang dibangun Telkom menjadi landasan bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia. Bisnis daring (online), startup, dan layanan berbasis internet lainnya bisa tumbuh berkat jaringan telekomunikasi yang handal.

– Menyediakan Lapangan Kerja: Telkom sebagai perusahaan besar menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, ekosistem bisnis yang dipicu oleh Telkom turut menciptakan lapangan kerja baru di sektor terkait.

– Sumber Pendapatan Negara: Keuntungan yang diraih Telkom disetorkan sebagian sebagai pendapatan negara. Dana tersebut dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Telkom: Lebih dari Sekedar Jaringan Telepon

Telkom terus berinovasi dan berkembang, tidak hanya fokus pada layanan telepon konvensional. Saat ini, Telkom menawarkan berbagai macam layanan, seperti:

– Jaringan telepon seluler melalui brand Telkomsel (operator terbesar di Indonesia)

– Layanan internet IndiHome dan Telkomsel Orbit

– Layanan data center dan cloud computing

– Solusi bisnis berbasis TIK untuk berbagai perusahaan

Selain itu, Telkom memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang lain, seperti keuangan (Telkomsel χρηματοοικονομική / [ χρηματοοικονομική meaning financial in Greek] – maaf, saya belum menemukan padanan kata yang tepat), media (Telkom Indonesia Media), dan properti (PT Sigma).

Telkom Menuju Masa Depan

Telkom terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan mengikuti perkembangan teknologi terkini. Investasi pada jaringan 5G, pengembangan layanan berbasis internet of things (IoT), dan artificial intelligence (AI) menjadi fokus Telkom saat ini. Dengan demikian, Telkom diharapkan dapat terus menjadi pemimpin di bidang TIK dan berkontribusi memajukan Indonesia di era digital.

Fakta Menarik Seputar Telkom:

– Logo Telkom yang kita kenal sekarang, dengan bola dunia berwarna merah dan putih, resmi digunakan sejak tahun 2009.

– Kantor pusat Telkom terletak di kawasan Bundaran HI Jakarta, yang dulunya merupakan gedung PTT masa kolonial Belanda.

– Telkomsel, anak perusahaan Telkom, merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan 4G LTE secara komersial pada tahun 2014.

Telkom sebagai BUMN memiliki peran vital dalam pembangunan nasional Indonesia. Dengan kepemilikan mayoritas oleh pemerintah dan inovasi berkelanjutan, Telkom diharapkan terus menjadi pemimpin di bidang TIK dan membawa Indonesia menuju masa depan digital yang lebih cerah.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *