Tujuan Pendirian BUMN Ditunjukkan oleh Nomor?

Tujuan Pendirian BUMN Ditunjukkan oleh Nomor? – Inilah Nomor UU yang Menjelaskan Tujuan BUMN

Tujuan Pendirian BUMN Ditunjukkan oleh Nomor? – Pendirian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak terlepas dari landasan hukum yang mengatur tujuan dan peranannya dalam masyarakat. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN menjadi payung hukum yang menggambarkan tujuan utama dan prinsip-prinsip yang harus dijalankan oleh BUMN. Dalam konteks ini, kita akan merinci tujuan pendirian BUMN sebagaimana diatur oleh undang-undang tersebut.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN

Penting untuk memahami bahwa tujuan pendirian BUMN secara rinci dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003. UU ini bukan sekadar rangkaian peraturan hukum, tetapi sebuah landasan yang mengatur bagaimana BUMN seharusnya berperan dalam mengabdi kepada masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Berikut adalah tujuan-tujuan utama pendirian BUMN yang dijelaskan dengan rinci dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003:

1. Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu tujuan pokok pendirian BUMN adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. BUMN bukan hanya didirikan untuk mencari keuntungan semata, tetapi lebih dari itu, BUMN bertanggung jawab untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Ini mencakup pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, peningkatan kualitas hidup, dan kontribusi positif terhadap aspek sosial ekonomi.

BUMN juga memiliki tanggung jawab langsung kepada pemerintah melalui Kementerian BUMN. Artinya, keberadaan BUMN tidak bisa dipisahkan dari peran negara dalam mengelola dan mengawasi keberlanjutan usahanya agar selalu sejalan dengan kebijakan pemerintah.

2. Memberikan Sumbangsih bagi Pergerakan Ekonomi Nasional

Selain menjadi pilar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, BUMN juga memiliki peran strategis dalam memberikan sumbangan bagi pergerakan ekonomi nasional. BUMN tidak hanya diharapkan menjadi penggerak ekonomi, tetapi juga memiliki tugas untuk mengejar keuntungan sejalan dengan menjalankan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

Konsep keuntungan dalam konteks BUMN tidak hanya terbatas pada aspek finansial semata. BUMN diharapkan mampu menyelenggarakan kemanfaatan umum melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan investasi yang mendukung pembangunan nasional.

3. Mengedepankan Prinsip Kepantasan dan Kewajaran

Selain tujuan utama di atas, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 juga menekankan prinsip-prinsip dasar yang harus dijalankan oleh BUMN. Salah satunya adalah prinsip kepantasan dan kewajaran. BUMN diwajibkan menjalankan bisnisnya dengan integritas, transparansi, dan akuntabilitas yang tinggi.

Prinsip kepantasan dan kewajaran ini mencakup seluruh aspek operasional BUMN, mulai dari pengelolaan keuangan, pemilihan pimpinan, hingga tata kelola perusahaan secara menyeluruh. Dengan menerapkan prinsip ini, diharapkan BUMN dapat menjadi contoh perusahaan yang tidak hanya sukses secara bisnis tetapi juga menjunjung tinggi etika dan tata kelola yang baik.

4. Menjaga Keberlanjutan Bisnis

Keberlanjutan bisnis menjadi aspek krusial dalam tujuan pendirian BUMN. BUMN diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan tetap relevan dalam menghadapi tantangan ekonomi. Keberlanjutan bisnis ini tidak hanya berfokus pada kelangsungan perusahaan itu sendiri tetapi juga pada dampak positif yang dihasilkan bagi lingkungan sekitar dan masyarakat.

Kesimpulan

Dalam mengejar tujuan pendirian BUMN, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 menjadi pedoman yang mengikat. BUMN bukan hanya sebagai entitas bisnis, tetapi sebagai lembaga yang memiliki tanggung jawab sosial dan ekonomi yang besar terhadap masyarakat dan negara.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *