Bimbel BUMN

Bimbel BUMN vs Belajar Sendiri : Lebih Efektif yang Mana Ya?

Bimbel BUMN – Seleksi masuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu proses rekrutmen yang banyak diminati oleh para pencari kerja di Indonesia. Dengan kesempatan mendapatkan pekerjaan di perusahaan tinggi, bergengsi, dan menawarkan benefit menarik, banyak orang berlomba-lomba mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi tersebut. Namun, muncul pertanyaan penting di benak banyak calon peserta: lebih baik ikut bimbingan belajar (bimbel) khusus BUMN atau belajar secara mandiri? Artikel ini akan membahas kedua pendekatan tersebut dan mengevaluasi mana yang lebih efektif dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi BUMN.

Kelebihan Ikut Bimbel BUMN

  1. Lebih Terstruktur dan Fokus : tersedianya materi yang terstruktur dan fokus pada tes yang akan dihadapi. Bimbel biasanya telah menyusun kurikulum berdasarkan kisi-kisi seleksi BUMN, termasuk Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB), dan psikotes. Bimbel juga memberikan jadwal yang terstruktur, jadi lebih membantu para siswa untuk mengatur waktu.
  2. Tutor/Pengajar yang Berpengalaman :  Bimbel BUMN biasanya didukung oleh pengajar yang berpengalaman, baik dalam bidang akademik maupun praktik seleksi BUMN. Siswa bisa langsung berinteraksi dengan tutor, dapat memberikan bimbingan secara langsung, memberikan jawaban dari pertanyaan siswa dan memberikan umpan balik.
  3. Sumber Daya yang Lengkap : Bimbingan belajar biasanya sudah menyediakan sumber daya belajar yang lengkap seperti modul, buku, soal-soal latihan, dan materi yang akan diberikan kepada siswa bimbingan.
Bimbel BUMN

Sumber : iluni FEB UI

Baca Juga : https://jadibumn.id/bekerja-di-anak-perusahaan-bumn/

Tantangan Ikut Bimbel BUMN

  1. Biaya Tambahan : Tantangan yang paling sering dialami oleh pelajar saat akan mengikuti bimbel adalah biaya yang dikeluarkan. Bimbel bisa menjadi investasi yang signifikan, tetapi tidak semua orang mampu untuk membayar bimbel.
  2. Terlalu Bergantung : Mengikuti bimbel sudah baik, namun apabila ketergantungan dapat menyebabkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri menurun. Karena sudah terlalu mengandalkan dengan jadwal-jadwal yang sudah ditentukan di bimbel.
  3. Kurang Fokus : Biasanya dalam suatu forum bimbingan akan bertemu dengan beberapa siswa lain yang juga mengikuti bimbel. Hal tersebut juga dapat mengganggu fokus siswa lain apabila kondisi tidak kondusif atau ramai.
Bimbel BUMN

Sumber : Kompasiana

Kelebihan Belajar Sendiri

  1. Waktu Belajar Lebih Fleksibel : Buat kamu yang milih buat belajar sendiri, kamu lebih bisa mengatur waktu belajar sendiri. Kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan, serta dapat menyesuaikan dengan jadwal yang sudah direncanakan sendiri.
  2. Biaya yang Lebih Terjangkau : Kalau kamu mengikuti sebuah bimbingan belajar, memang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, belajar mandiri mungkin hanya mengeluarkan biaya untuk membeli buku panduan atau mengikuti kursus online yang lebih terjangkau.
  3. Mandiri dan Inisiatif : belajar mandiri memungkinkan kamu untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab atas kemajuan dalam belajar. Kamu dituntut untuk inisiatif dalam mencari sumber belajar dan mengatur waktu
Bimbel BUMN

Sumber : adv kompas

Tantangan Belajar Sendiri

  1. Kurang Terstruktur : Untuk sebagian siswa mungkin akan merasa kurangnya terarah dengan jadwal yang dibuat sendiri. Dan kurangnya persiapan seperti buku panduan, materi, dan rencana belajar.
  2. Keterbatasan Akses : Keterbatasan akses yang didapatkan saat belajar sendiri seperti tambahan contoh soal, materi pelajaran, atau dimbimbing langsung oleh tutor.
  3. Kesulitan dalam Motivasi : Sebagian siswa mungkin lebih suka apabila belajar dengan diskusi bersama teman satu bimbingan. Sehingga, saat belajar sendiri tidak bisa saling berbagi materi dan belajar bersama.
mbel BUMN

Sumber : Alta School

Mana yang Lebih Efektif ?

Ketika memilih untuk mengikuti bimbel BUMN atau belajar sendiri, efektivitasnya sangat bergantung pada kebutuhan pribadi masing-masing. Kamu dapat mempertimbangkan gaya belajarmu, kebutuhan dan situasi pribadi. Apabila kamu suka dengan arahan yang sudah terstruktur, terjadwal dan lebih suka diajari dengan tutor atau pengajar, kamu bisa memilih mengikuti Bimbel BUMN. Namun jika kamu lebih nyaman untuk belajar sendiri dan menentukan waktu sendiri, maka belajar mandiri adalah pilihan yang tepat.

Akan lebih baik lagi jika mengkombinasikan kedua hal tersebut yaitu mengikuti bimbel BUMN dan belajar mandiri setelah mengikuti bimbel BUMN dengan memperdalam materi yang sudah didapatkan dan melatih diri secara intensif. Dengan begitu, kamu bisa lebih maksimal untuk ikut seleksi BUMN.

Baca Juga : https://jadibumn.id/tips-memilih-perusahaan-bumn-2/

Sumber : Quipper

Referensi :

  1. https://sangjuaraschool.com/blog/belajar-mandiri-atau-bimbel-masuk-kuliah
  2. https://bimbel-clc.com/belajar-mandiri-vs-bimbingan-belajar-mana-yang-lebih-efektif-untuk-anda/

Ingin lolos seleksi BUMN? Bergabung dengan JadiBUMN sekarang. Unduh aplikasi JadiBUMN dan dapatkan akses bimbingan intensif dan latihan soal berkualitas. Dapatkan semua yang Kamu butuhkan hanya dalam satu aplikasi. Download sekarang dan mulailah perjalanan menuju karir impianmu!

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Link Feedback: https://bit.ly/FeedbackArtikelJadiBUMN

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *