Apakah Daftar BUMN Harus Sesuai Jurusan - Apakah Daftar BUMN Harus Sesuai Jurusan? Fakta atau Mitos!

Apakah Daftar BUMN Harus Sesuai Jurusan – Apakah Daftar BUMN Harus Sesuai Jurusan? Fakta atau Mitos!

Apakah Daftar BUMN Harus Sesuai Jurusan – Di Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sering dianggap sebagai tempat bekerja yang prestisius dan menjanjikan stabilitas karir serta berbagai manfaat lainnya. Banyak lulusan perguruan tinggi yang berusaha memasuki dunia kerja melalui BUMN, namun seringkali mereka bingung apakah mereka harus mendaftar sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh selama kuliah. Pertanyaan ini bukan hanya muncul dari kalangan baru lulus, tetapi juga dari mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja namun ingin berpindah ke BUMN. Artikel ini akan mengupas tuntas, apakah keharusan mendaftar sesuai jurusan ini adalah fakta atau hanya mitos belaka.

Pengertian BUMN dan Variasi Pekerjaannya

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami apa itu BUMN. BUMN adalah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia, yang operasinya bertujuan tidak hanya mencari keuntungan tetapi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. BUMN beroperasi di berbagai bidang ekonomi mulai dari pertambangan, energi, perbankan, hingga jasa konstruksi dan kesehatan.

Masing-masing BUMN memiliki kebutuhan sumber daya manusia yang beragam tergantung pada sektor industri yang mereka geluti. Misalnya, PT Pertamina membutuhkan tenaga ahli di bidang teknik perminyakan, sedangkan PT Bank Rakyat Indonesia memerlukan keahlian di bidang keuangan dan perbankan.

Apakah Harus Sesuai Jurusan?

Analisis Kebutuhan

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa kebutuhan setiap BUMN itu berbeda-beda. Ada posisi yang memang secara spesifik membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu. Misalnya, seorang geolog sangat dibutuhkan di perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan, atau seorang dokter di rumah sakit BUMN.

Namun, tidak semua posisi di BUMN memerlukan spesialisasi yang ketat sesuai jurusan. Banyak departemen seperti SDM, pemasaran, atau keuangan, yang lebih mementingkan kemampuan dan pengalaman kerja ketimbang hanya ijazah jurusan tertentu. Ini berarti, meskipun Anda lulusan sastra atau seni, Anda tetap memiliki peluang di BUMN asalkan posisi yang dilamar sesuai dengan keahlian Anda.

Kemampuan Adaptasi dan Pembelajaran

Salah satu kunci utama yang dicari oleh BUMN dalam perekrutan adalah kemampuan adaptasi dan keinginan untuk terus belajar. BUMN menghargai individu yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan memiliki motivasi untuk mengembangkan diri. Oleh karena itu, meskipun jurusan Anda mungkin tidak secara langsung relevan, kemampuan untuk memperlihatkan bagaimana Anda bisa berkontribusi dan belajar di posisi yang ditawarkan sangat penting.

Pembuktian Kompetensi

Jika Anda merasa memiliki keterampilan yang sesuai untuk pekerjaan di BUMN tapi tidak sesuai dengan latar belakang jurusan, penting untuk dapat membuktikan kompetensi Anda. Ini bisa melalui portofolio, pengalaman kerja sebelumnya, atau melalui penjelasan langsung dalam surat lamaran dan wawancara kerja. Menonjolkan bagaimana keahlian Anda bisa berkontribusi besar terhadap perusahaan akan lebih menguntungkan daripada sekadar memiliki ijazah jurusan yang relevan.

Peluang di Bidang Tidak Terduga

Seringkali, BUMN juga membuka peluang pada bidang yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh pelamar. Misalnya, lulusan hukum mungkin menemukan peluang karir yang solid di departemen kepatuhan atau regulasi di perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi atau konstruksi, dimana keahlian mereka sangat dibutuhkan untuk menghandle masalah regulasi dan hukum.

Kesimpulan

Kebutuhan untuk mendaftar sesuai jurusan di BUMN lebih merupakan mitos daripada fakta. Meskipun beberapa posisi memang membutuhkan spesialisasi tertentu, banyak posisi lainnya yang lebih mementingkan kompetensi, kemampuan adaptasi, dan keinginan untuk belajar. Bagi Anda yang ingin mendaftar di BUMN, lebih penting untuk menonjolkan bagaimana keahlian dan pengalaman Anda relevan dengan posisi yang ditawarkan, daripada hanya mengandalkan jurusan pendidikan Anda. Di era global dan multi-disiplin ini, fleksibilitas dan keberanian untuk mengambil peluang di luar zona nyaman Anda bisa menjadi kunci untuk berhasil di BUMN.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *