FAQ RBB BUMN - Berapa passing grade / nilai minimal kelulusan tes TKD?

FAQ RBB BUMN – Berapa passing grade / nilai minimal kelulusan tes TKD?

FAQ RBB BUMN – Berapa passing grade / nilai minimal kelulusan tes TKD?

Dalam rangka seleksi Rekrutmen Bersama BUMN, Tes Kemampuan Dasar (TKD) merupakan salah satu tahapan yang kritikal. TKD dirancang untuk mengukur kemampuan dasar calon karyawan BUMN di berbagai aspek. Pertanyaan yang sering muncul di antara para pelamar adalah mengenai nilai minimal atau passing grade yang harus dicapai untuk lulus tes ini. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang nilai minimal kelulusan TKD, pentingnya nilai tersebut dalam seleksi, dan bagaimana pelamar dapat mempersiapkan diri untuk mencapai atau bahkan melampaui nilai minimal tersebut.

Apa itu Tes Kemampuan Dasar (TKD)?

Sebelum membahas lebih jauh, penting untuk memahami apa itu Tes Kemampuan Dasar. TKD adalah serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif, seperti kecepatan berpikir, kemampuan analitis, serta pemahaman verbal dan numerik calon pelamar. Tes ini biasanya mencakup soal-soal pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu.

Berapa Nilai Minimal Kelulusan TKD?

Untuk tes TKD yang diselenggarakan dalam Rekrutmen Bersama BUMN, nilai minimal pada Tes Kemampuan Dasar adalah 58 dari 100 jumlah soal yang tersedia. Artinya, pelamar harus dapat menjawab benar setidaknya 58 soal dari total 100 soal yang diberikan untuk bisa dinyatakan lulus dari tahap ini.

Nilai minimal ini ditetapkan untuk memastikan bahwa hanya pelamar yang memenuhi standar kompetensi dasar yang dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya dari proses seleksi. Ini merupakan bagian dari upaya BUMN untuk mengamankan kualitas sumber daya manusia yang akan bergabung dengan mereka, sekaligus memastikan proses seleksi yang adil dan objektif.

Mengapa Nilai Minimal Penting?

Nilai minimal dalam TKD tidak hanya sekedar angka. Nilai ini memiliki beberapa peran penting dalam proses seleksi, antara lain:

  • Menjamin Kualitas Calon Karyawan: Dengan menetapkan standar kelulusan, BUMN dapat memfilter out calon karyawan yang tidak memenuhi kriteria dasar yang telah ditetapkan. Ini penting untuk menjaga kualitas kerja dan produktivitas di lingkungan BUMN.
  • Pengukuran Objektif: Nilai minimal memberikan batasan objektif yang jelas dalam menilai kemampuan pelamar. Ini membantu dalam mengeliminasi bias selama proses seleksi.
  • Pendorong Persaingan yang Sehat: Ketika pelamar mengetahui adanya standar minimal yang harus mereka capai, ini mendorong mereka untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas calon karyawan yang akan masuk ke BUMN.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk TKD?

Mencapai atau melampaui nilai minimal 58 tidaklah mudah, tetapi dengan persiapan yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk berhasil. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri menghadapi TKD:

1. Pahami Materi Tes

Pertama dan terpenting, Anda harus memahami cakupan materi yang akan diujikan pada TKD. Ini termasuk topik-topik seperti logika, matematika dasar, bahasa Indonesia, dan pemahaman bacaan. Memahami tipe-tipe soal yang biasa muncul akan sangat membantu.

2. Latihan Teratur

Mengikuti latihan soal-soal yang serupa dengan yang keluar dalam TKD adalah kunci. Anda bisa menggunakan buku-buku persiapan tes, aplikasi, atau sumber online untuk berlatih. Konsistensi dan kebiasaan belajar teratur akan membantu memperkuat kemampuan Anda.

3. Kelola Waktu dengan Baik

Mengingat setiap soal harus dijawab dalam waktu yang terbatas, kemampuan mengelola waktu sangat penting. Latih diri Anda untuk bekerja cepat namun tetap akurat. Mengambil tes latihan dengan timer bisa membantu Anda terbiasa dengan tekanan waktu.

4. Kesiapan Mental dan Fisik

Pastikan Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik saat mengikuti TKD. Tidur yang cukup, nutrisi yang baik, dan persiapan mental akan membantu Anda fokus selama tes.

Kesimpulan

Mencapai nilai minimal 58 dalam Tes Kemampuan Dasar adalah kunci untuk melanjutkan dalam seleksi Rekrutmen Bersama BUMN. Dengan persiapan yang baik dan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk tidak hanya memenuhi nilai minimal tetapi bahkan melampauinya. Ingatlah bahwa kesiapan Anda untuk menghadapi TKD tidak hanya akan mempengaruhi hasil tes, tapi juga masa depan karir Anda di BUMN.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon spesial sesuai poster promo
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *