Contoh Soal Deret Angka BUMN

Contoh Soal Deret Angka BUMN – Pecahkan Soal Deret Angka dengan Cepat dan Tepat

Contoh Soal Deret Angka BUMN – Pada tes seleksi calon karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seringkali kita dihadapkan dengan berbagai jenis soal yang menguji kemampuan logika dan berhitung cepat. Salah satu jenis soal yang umum muncul adalah soal deret angka. Tes ini menuntut peserta untuk menganalisis pola dari suatu deret angka, baik itu deret aritmatika, geometri, maupun kombinasi keduanya, untuk kemudian menentukan angka selanjutnya yang sesuai dalam deret tersebut.

Kemampuan dalam menyelesaikan soal deret angka sangat penting, karena tidak hanya memperlihatkan kemampuan berhitung peserta, tetapi juga kemampuan dalam menemukan pola atau aturan yang mengatur susunan angka-angka dalam deret tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh soal deret angka BUMN beserta penjelasan dan jawabannya.

Contoh Soal Deret Angka BUMN

  1. Soal: 4, 18, 42, 56, …, 94
    • Penjelasan: Deret ini merupakan deret aritmatika dengan selisih antara dua suku berturut-turut adalah 14, 24, 14, 24, dan seterusnya. Jadi, untuk mencari suku berikutnya, kita cukup menambahkan 14 ke suku terakhir.
    • Jawaban: 70
  2. Soal: 1, 4, 9, 16, 25, …, 49, 64
    • Penjelasan: Deret ini merupakan deret kuadrat, yaitu deret yang setiap sukunya adalah hasil kuadrat dari bilangan bulat positif. Jadi, untuk mencari suku berikutnya, kita cukup mengkuadratkan bilangan bulat positif selanjutnya.
    • Jawaban: 36
  3. Soal: 78, 76, 73, …, 68, 66
    • Penjelasan: Deret ini merupakan deret aritmatika dengan selisih antara dua suku berturut-turut adalah -2, -3, -2, -3, dan seterusnya. Jadi, untuk mencari suku berikutnya, kita cukup mengurangi 2 dari suku terakhir.
    • Jawaban: 71
  4. Soal: 12, 18, 25, 33, 42, …
    • Penjelasan: Deret ini merupakan deret aritmatika dengan selisih antara dua suku berturut-turut adalah 6, 7, 8, 9, dan seterusnya. Jadi, untuk mencari suku berikutnya, kita cukup menambahkan 10 ke suku terakhir.
    • Jawaban: 52

Kesimpulan

Mampu menyelesaikan soal deret angka dengan cepat dan tepat adalah salah satu keterampilan yang penting dalam menghadapi tes seleksi BUMN. Dengan memahami pola-pola dasar dalam deret angka seperti deret aritmatika dan deret geometri, serta kemampuan untuk mengidentifikasi pola-pola khusus dalam deret tersebut, diharapkan peserta dapat menjawab soal-soal tersebut dengan baik.

Untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal deret angka, latihan secara teratur sangat diperlukan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi JadiBUMN yang menyediakan berbagai latihan soal dan pembahasan mengenai tes seleksi BUMN. Dengan tekun berlatih dan memahami pola-pola dasar dalam deret angka, diharapkan peserta dapat menghadapi tes seleksi BUMN dengan lebih percaya diri dan berhasil meraih hasil yang optimal.

Testimoni jadiBUMN

Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

Program Premium Bimbel jadiBUMN 2024

Semakin sering latihan soal akan semakin terbiasa, semakin cepat, semakin teliti dan semakin tepat mengerjakan soal-soal Rekrutmen BUMN 2024 ” 🌟

Kunci sukses Tes Rekrutmen BUMN adalah membiasakan diri mengerjakan ribuan tipe soal Tes Rekrutmen BUMN seperti anak bayi yang belajar berjalan terasa berat diawal dan akan terbiasa bila terus dilatih hingga bisa berlari kencang.

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
previous arrow
next arrow

📋 Cara Membeli dengan Mudah:

  1. Unduh Aplikasi jadiBUMN: Temukan aplikasi jadiBUMN di Play Store atau App Store, atau akses langsung melalui website.
  2. Masuk ke Akun Anda: Login ke akun jadiBUMN Anda melalui aplikasi atau situs web.
  3. Pilih Paket yang Cocok: Dalam menu “Beli”, pilih paket bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk melihat detail setiap paket.
  4. Gunakan Kode Promo: Masukkan kode “BUMN2024” untuk mendapat diskon sebesar Rp 20,000.
  5. Gunakan Kode Afiliasi: Jika Anda memiliki kode “RES163797”, masukkan untuk diskon tambahan.
  6. Selesaikan Pembayaran: Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi dengan aman.
  7. Aktivasi Cepat: Paket Anda akan aktif dalam waktu singkat setelah pembayaran berhasil.

Mau berlatih Soal-soal Rekrutmen BUMN? Ayoo segera gabung sekarang juga!! GRATISSS

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *